Pengembangan Modul Bernilai Islam Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Di Kelas XI MA al-Fatah Ambon

Mahu, Ratna (2022) Pengembangan Modul Bernilai Islam Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Di Kelas XI MA al-Fatah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya modul Biologi kelas XI MA/SMA bernilai Islam materi sistem reproduksi pada manusia yang berada di sekolah. Sesuai dengan misi IAIN Ambon yaitu menyelenggarakan pendidikan IPTEK berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan profesional dan berakhlak al-karimah, maka peneliti melakukan penelitian berupa Pengembangan Modul Biologi Bernilai Islam Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Kelas XI Semester Genap di MA al-Fatah Ambon. Pengembangan ini bertujuan: mengetahui kelayakan modul Biologi bernilai Islam materi sistem reproduksi pada manusia kelas XI semester genap di MA al-Fatah Ambon. Ditinjau dari objeknya, penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi perangkat pembelajaran (Modul), tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif untuk insrumen tes dan kualitatif untuk instrumen angket dan dokumentasi. Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar biologi ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata penilaian dari ahli materi 3,78%, untuk ahli media 3,64%, dan Ahli Bahasa 4% serta memiliki nilai rata-rata sebesar 3,80% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil belajar siswa dengan jumlah siswa 15 orang dilihat bahwa banayk siswa yang tuntas 12 orang dengan presentase 79,99% tinggi, dan siswa yang belum tuntas 3 orang dengan presentase 20% rendah dengan jumlah presentase total 99,99%. Sehingga diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 79%, artinya hasil belajar siswa memenuhi syarat ketuntasan individual yaitu menimal 70 dari nilai KKM. Dari 25 soal yang direspon oleh siswa pada modul yang dikembangkan berada pada kategori positif dengan presentase lebih dari 70% siswa memberikan respon yang baik terhadap kegiatan pemebelajaran dengan menggunakan modul bernilai Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Hj. Ismail Dp., M. Pd / Pembimbing II : Zamrin Jamdin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Reproduksi Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:54
Last Modified: 10 Jul 2023 01:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3759

Actions (login required)

View Item View Item