Ima RF, Wa (2019) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Kooperatif Jigsaw Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas XI IIS di Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasikan produk berupa Lembar Kerja Siswa berbasis kooperatif jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan lembar kegiatan siswa dan untuk mengetahui kualitas (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) lembar kegiatan siswa. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS MA Nurul Ikhlas Ambon. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah intrumen kevalidan berupa angket, instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan uji coba kevalidan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,2 (sangat valid). Sedangkan uji coba kevalidan tes hasil belajar berada pada kriteria valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 4,18 (valid). uji coba kepraktisan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan berada pada kriteria terlaksana dengan baik dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 2,14 (terlaksana dengan baik). Sedangkan uji coba keefektifan lembar kegiatan siswa pada tes hasil belajar siswa berada pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 78,93 (tinggi) dengan presentase ketuntasan klasikal 86%. Siswa juga memberikan respon positif terhadap lembar kegiatan siswa yang dikembangkan, dari tiap-tiap pertanyaan diperoleh jawaban SS (sangat setuju) dan S (setuju) sudah mencapai lebih dari 70% siswa yang memberi respon positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa. Hal ini menandakan bahwa lembar kegiatan siswa yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa yang dikembangkan memenuhi kariteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), kooperatif jigsaw
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Hj. Corneli Pary, M. Pd / Pembimbing II : Janaba Renngiwur, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pencernaan manusia |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 02:33 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 02:33 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/382 |
Actions (login required)
View Item |