Korelasi Antara Metode Pembelajaran Guided Teaching Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Organisasi Kehidupan Kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon

Mami, Wa (2015) Korelasi Antara Metode Pembelajaran Guided Teaching Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Organisasi Kehidupan Kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan prestasi belajar bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) digunakan untuk membentuk kepribadian dan karakter manusia yang baik dan beradab. Jadi belajar sangat membawa manfaat bagi manusia. Meskipun ada dampak negatif dari prestasi belajar namun kegiatan belajar memiliki arti penting. Permasalah sebagai dalam penelitian ini yaitu apakah ada korelasi antara metode pembelajaran guided teaching dengan hasil belajar peserta didik pada konsep organisasi kehidupan kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon, dan seberapa besar korelasi antara metode pembelajaran guided teaching dengan hasil belajar peserta didik pada konsep organisasi kehidupan kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan terhitung mulai dari tanggal 24 Juli sampai dengan 24 Agustus 2015. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Wathan Ambon dengan sampel 29 orang VIII2. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui angket, diolah dengan menggunakan skala Likert kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi produk moment. Terdapat korelasi antara metode pembelajaran guided teaching dengan hasil belajar peserta didik pada konsep organisasi kehidupan kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon. Hal ini terlihat dari hasil analisis Korelasi Product Moment antara variabel bebas dan variabel terikat yang kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf nyata 5% dan 1%, sehingga dengan jelas terlihat bahwa nilai rhitung = 0,825 pada rtabel 5% dengan db = 27 adalah 0,381, dan rtabel 1% dengan db = 27 adalah 0,478, sehingga nampak bahwa ada korelasi antara metode pembelajaran guided teaching dengan hasil belajar peserta didik pada konsep organisasi kehidupan kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon. Besarnya korelasi antara metode pembelajaran guided teaching dengan hasil belajar peserta didik pada konsep organisasi kehidupan kelas VIII di SMP Al-Wathan Ambon sebesar 68,06%, hasil perhitungan tersebut melalui uji koefisien determinasi (KD) = r2 x 100% atau 0,8252 x 100 = 68,06%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Nursaid, M. Pd / Pembimbing II : Wa Atima, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Guided Teaching
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:19
Last Modified: 30 Aug 2023 01:19
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3861

Actions (login required)

View Item View Item