Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Secara Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 23 Ambon

Tarabubun, Fajaria (2022) Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Secara Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan belajar di rumah itu dikenal sebagai kebajakan belajar jarak jauh dalam jaringan (daring) atau sering disebut online learning sudah dilaksanakan pada sekolah di kota Ambon dengan beragam tanggapan atau persepsi utamanya dari siswa. Persepsi terhadap proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19, seperti yang dilakukan oleh siswa dan guru Biologi di SMP Negeri 23 Ambon tersebut dalam proses belajar mengajar yang diterapkan sehari-hari khususnya mata pelajaran biologi adalah dengan menggunakan pembelajara daring. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 23 Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 22 Februari sampai dengan 24 Maret 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Ambon kelas X1 dengan sampel sebanyak 29 orang siswa dan 1 orang guru biologi. Analisis data angket diolah menggunakan skala Likert dengan menggunakan uji persentase dan analisis deskripsi menggunakan data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring masa covid-19 pada siswa di SMP Negeri 23 Ambon tetap dilaksakan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk belajar dari rumah melalui daring pada semua mata pelajaran bagi peserta didik SMP Negeri 23 Ambon utamanya pada mata pelajaran biologi dalam kondisi pandemi ini dengan berbagai aplikasi yang memudahkan dalam belajar sehingga peserta didik dapat mengakses pembelajaran dengan leluasa seperti; youtube, e-mail, whatsapp dan google dan aplikasi pendukun pembelajaran lainnya. Adapun faktor pendukung pembelajaran daring meliputi; 1) sebagai pengganti tatap muka secara langsung, 2) lebih efisien, 3) mencegah penularan virus dan 4) pengembangan TIK. Dan faktor penghambat pembelajaran daring diatara; 1) keterbatasan media, 2) susah signal dan biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Janaba Renngiwur, M. Pd / Pembimbing II : Laila ahubauwa, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:31
Last Modified: 30 Aug 2023 01:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item