Problematika Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Ambon pada Masa Pandemi Covid-19

Fuldjear, Samia (2022) Problematika Pembelajaran Online pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Ambon pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Problematika pembelajaran ialah berbagai permasalahan yang mengganggu, menghambat, mempersulit, atau bahkan mengakibtkan kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Atau dengan kata lain, problematika pembelajaran yaitu suatu masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan seperti proses belajar mengajar antara guru dengan siswa dilingkungan sekolah. Sedangkan pembelajaran online pada dasarnya merupakan pembelajaran jarak jauh, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh terpisahnya jarak antara pendidik dan peserta didik. Serta pembelajarannya memakai berbagai macam sumber belajar lewat teknologi komunikasi, data serta media yang lainnya sehingga perlu adanya upaya untuk mengatasinya. Pembelajaran online juga didefinisikan sebagai pengalaman mentransfer pengetahuan dengan menggunakan video, audio, gambar, komunikasi teks, dengan dukungan internet serta menggunakan beberapa media diantaranya, zoom, whatsap,dan google classroom. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika pembelajaran online pada mata pelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemic covid-19 di SMK Muhammadiyah Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan yaitu pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 03 Juni sampai dengan tanggal 03 Juli 2022. adapun lokasi penelitian yaitu di SMK Muhammadiyah Ambon. kemudian yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah, 2 guru pendidikan agama Islam SMK Muahmmadiyah Ambon dan 6 peserta didik SMK Muhammadiyah Ambon. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian pada problematika pembelajaran online pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMK Muhammadiyah Ambon menunjukan bahwa problematika pembelajaran online sangat menghambat pelaksanaan pembelajaran online tidak berjalan dengan baik karena ada beberapa masalah diantaranya yaitu: guru merasa terganggu saat menyampaikan materi sebab spiker aplikasi zoom yang digunakan pesert didik tidak dimatikan dan tidak diperhatikan akibat terjadi keributan pada saat guru menyampaikan materi lewat aplikasi zoom. Jaringan Internet yang tidak baik pada saat proses belajar mengajar berlansung, yaitu pada saat guru menyampaikan materi sehingga menyebabkan peserta didik kurang paham dengan apa yang dijelaskan oleh guru. kehabisan kuota internet pada peserta didik pada saat peserta didik mengikut belajar mengajar hal tersebut menyebabkan sebagian peserta didik tidak mengikuti proses belajar mengajar pada masa pandemi- covid-19 sebab waktu yang pembelajaran pada masa pandemic juga berbeda dengan pembelajaran offline. Adapun faktor ekonomi, ekonomi orang tua yang rendah mengakibatkan tidak mampu membeli hp android untuk anaknya sehingga ada sebagian peserta didik tidak mengikuti proses belajar mengajar pada masa pandemic covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Samad Umarella, M. Pd / Pembimbing II : Saddam Husein, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam Covid-19
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:24
Last Modified: 09 Nov 2023 02:24
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3918

Actions (login required)

View Item View Item