Peran Guru Bimbingan Konseling Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Ambon Kelas XI ( Studi Kasus Pembelajaran Daring di Masa Pandemi )

Alhamid, Safira Rodia (2022) Peran Guru Bimbingan Konseling Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Ambon Kelas XI ( Studi Kasus Pembelajaran Daring di Masa Pandemi ). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik di MA Negeri Ambon (2). Untuk mengetahui bagaimana kurangnya kedisiplinan peserta didik di MA Negeri Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dengan instrument penelitian adalah peneliti sendiri. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 27 Oktober sampai dengan tanggal 27 November 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru bimbingan konseling terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Ambon adalah Guru Bimbingan dan Konseling mencari penyebab dari masalah yang terjadi kepada peserta didik, berkoordinasi untuk melaksanakan PJJ tentang layanan klasikal, menyelesaikan masalah informasi tentang meningkatkan motivasi belajar, Melakukan bimbingan kelompok, berkoordinasi dengan orang tua/wali untuk mengontrol pembelajaran dirumah dan melakukan layanan individual. Adapun bentuk motivasi yang diberikan adalah meningkatkan motivasi belajar kemudian memberikan semangat motivasi, memberikan layanan konseling, untuk daring maka yang dilakukan memberikan kata-kata motivasi, peserta didik diberikan tugas menampilakn video pembelajaran secara berkelompok, Inovasi dalam pembelajaran sehingga peserta didik tidak merasa jenuh, Mendorong peserta didik dalam mengembangankan bakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdullah Latuapo, M. Pd. I / Pembimbing II : Ainun Diana Lating, M. Si
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak Guru BK
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 17 Nov 2023 05:57
Last Modified: 17 Nov 2023 05:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item View Item