Peran Pendidik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Di Mts Al-Hilaal Negeri Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Mony, Rafika (2021) Peran Pendidik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Di Mts Al-Hilaal Negeri Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidik al-Qur’an Hadits mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mendidik dan mengajar, khususnya pendidikan baca tulis al-Qur’an agar peserta didik dapat membaca dan menulis al-Qur’an dengan fasih dan benar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru al’Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII B di MTs al-Hilaal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya pendidik al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII B di MTs al-Hilaal Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di MTs Negeri al-Hilaal Morella Kecanatan Leihitu Kabupaten Maluku tengah, dilaksanakan dari tanggal 30 April sampai dengan tanggal 30 Mei 2021 di MTs al-Hilaal Morella. Subjek penelitian adalah 2 orang Pendidik al-Qur’an Hadits dan 5 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa Peran pendidik al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an di MTs al-Hilaal Negeri Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah yaitu ; a) Peran pendidik yaitu bukan hanya mengajar tetapi memberikan contoh yang baik agar dapat menbentuk karakter siswa yang tidak gampang menyerah dalam belajar membaca al-Qur’an, b). Peran pendidik sebagai pengajar yaitu mengunakan metode pembelajaran yang efektif dalam menyampaikan materi tajwid dan hukum bacaan yang mudah dipahami oleh siswa, c). Peran pendidik sebagai motivator yaitu memberikan masukan serta nasehat-nasehat yang kepada siswa agar mereka semangat dalam belajar al-Qur’an. Faktor pendukung dan penghambat peran pendidik al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an di MTs al-Hilaal Negeri Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah yaitu;1) sarana prasarana, Seperti Tersediannya al-Qur’an untuk belajar serta Mushola tempat anak-anak Belajar al-Qur’an Faktor penghambat: 1) Kurangnya minat dan motivasi, 2) Kurangnya perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Hj. Rustina N., M. Ag / Pembimbing II : La Rajab, MA
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an Hadits Guru
Subjects: Al-Qur'an
Al-Qur'an

Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:13
Last Modified: 20 Nov 2023 01:13
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item