Sukmaningrum, Dyan Abrianty (2022) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMK Negeri 2 Ambon. Tesis thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I. III. V.pdf Download (2MB) |
|
Text
DYAN ABRIANTY SUKMANINGRUM.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMK Negeri 2 Ambon.” Merupakan pengkajian tentang bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam berwawasan multikultural dalam membentuk karakter peserta didik di SMK Negeri 2 Ambon. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural dalam membentuk karakter peserta didik di SMK Negeri 2 Ambon, dan faktor pendukung serta penghambatnya. Jenismpenelitiian iniiadalah peneliitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung turun di masyarakat untuk mengambil informasii terkait masalahmyang akanmditeliiti. Sedangkann pendekatanmyang diigunakan adalahmpendekatan deskriiptif kualiitatif. Kualiitatif adalah peneliitian yangmmenghasilkan datamdeskriptif iberupa katakata tertuliis atau lisanmdari orang-orangg dan perilakumdengan diiamati. Hasilmdalam penelitiani inimdiperoleh Penanaman Nilai-nilai pendidikan agama Islam berwawasan multikultural menggunakan 3 metode, yaitu: a) metode transformasi nilai, b) transaksi nilai, c) transinternalisasi. Nilai-nilai Multikultural yang sangat menonjol pada karakter peserta didik SMK Negeri 2 Ambon ialah: nilai toleransi, nilai kerukunan, dan nilai kesetaraan. Peserta didik SMK Negeri 2 Ambon sudah dapat dikatakan memenuhi nilai-nilai multikultural yang ditanamkan oleh sekolah, dilihat dari cari peserta didik bergaul ketika disekolah, cara peserta didik saling menghormati dengan perbedaan agama saat jam beribadah, cara peserta didik bekerjasama dalam pembelajaran ataupun kerja bakti, dan kebersamaan atau saling membantu dalam kegiatan-kegiatan keagamaan. faktor pendukung dalam membentuk karakter peserta didik dengan dukungan para guru, sarana prasarana sekolah, dan dukungan peserta didik dengan mampu memahami dan memiliki rasa keterbukaan untuk menerapkan karakter nilai-nilai multikultural yang mereka miliki dalam lingkungan sekolah. faktor penghambat ialah peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda baik dalam agama, kepahaman, dan lingkungan kesehariannya. Nilai-nilai Multikultural tersebut Peserta Didik sudah mengaplikasikannya dalam lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Hasbollah Toisuta, M.Ag / Dr. Arman Man Arfa, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Karaker Peserta Didik |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 23:32 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 23:32 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3955 |
Actions (login required)
View Item |