Keefektifan Model Pembelajaran RADEC Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SD Muhamadiyah Ambon

Nurmitasari, Siyam (2023) Keefektifan Model Pembelajaran RADEC Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SD Muhamadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhamadiyah Ambon dalam menerapkan model RADEC serta keefektifan model RADEC dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhamadiyah Ambon pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian quasi eskperimental design, dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Muhamadiyah Ambon dengan jumlah 82 peserta didik yang terdiri dari 3 kelas dengan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas IV-A (kelas eksperimen) dan kelas IV-B (kelas kontrol) dengan jumlah 54 peserta didik. Data dari penelitian ini dianalis dengan menggunakan IBM SPPS Statistic 21. Instrumen penelitian menggunakan metode tes dan nontes (angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dari nilai awal (Pretest) sebelum perlakuan dan nilai akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan. Data yang diperoleh diolah dan diananlisis dengan teknik statistik dengan menggunakan uji t sampel Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran RADEC dengan model biasa yang diterapkan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen pada Pretest yaitu 58.07 dan Posttest 81.24, dan kelas kontrol nilai rata-rata pada Pretest yaitu 56.84 dan Posttest 68.20. Hasil uji hipotesis menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji N-gain menunjukkan nilai sebesar 0.6, berada pada kategori sedang. Hal ini, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif rerata model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas IV di SD Muhammadiyah Ambon. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas IV di SD Muhamadiyah Ambon. N-gain berada pada kategori sedang mengidentifikasikan bahwa diperlukan upaya penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, S.Pd.,M.Pd / Pembimbing II : Dinar Riaddin. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran RADEC
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 21 Nov 2023 23:15
Last Modified: 21 Nov 2023 23:15
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3967

Actions (login required)

View Item View Item