Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik di Sekolah (Studi di SMK Muhammadiyah Ambon Kelas XII Kota Ambon) Kecamatan Sirimau, Provinsi Maluku

Hastariyani, Irma (2020) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik di Sekolah (Studi di SMK Muhammadiyah Ambon Kelas XII Kota Ambon) Kecamatan Sirimau, Provinsi Maluku. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sekolah SMK Muhammadiyah Ambon merupakan salah satu sekolah Menengah kejuruan yang berstatus Swasta milik perserikatan Muhammadiyah Wilayah Maluku yang berada di Kota Ambon Kecamatan Sirimau Desa Batu Merah. SMK Muhammadiyah Ambon di dirikan pada tahun 2001. Berstatus swasta, sekolah ini memiliki 4 jurusan di antaranya, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik ke Instalasi Ketenaga Listrikan (TITL), Akuntansi, dan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (ARSITEK). Dari banyaknya jurusan dan Peserta didik yang mengambil jurusan tersebut apakah Peserta Didik mampu kecerdasan Intrapersonalnya dalam menyesuiakan diri di jurusannya mulai dari kelas X sampai kelas XII, teman sebaya, peraturan sekolah, dan dengan lingkungann sekolah. Oleh karena itu peneliti akan mengukur seberapa besar Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik Di Sekolah (Studi SMK Muhammadiyah Ambon Kelas XII) Kota Ambon kecamatan Sirimau, Provinsi Maluku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. valiabel bebas penelitian adalah kecerdasan intrapersonal dan variabel terikat adalah penyesuaian diri. Dan menggunakan analisis regresi linear sederhana yang merupakan metode statistik yang berfungsi untuk menguji sejauh mana hubungan sebab akibat antara variabel faktor penyebab (X) terhadap variabel akibatnya. populasi penelitian ini adalah 96 peserta didik kelas XII. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan mengambil 31% dari total populasi 31% x 96 = 29,76 di bulatkan menjadi 30 maka sampel yang di ambil adalah 30 sampel.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 40 item pernyataan dan pertanyaan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisi statistik menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa kecerdasan Intrapersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyesuaian diri peserta didik SMK Muhammadiyah Ambon. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung yang diperoleh sebesar 7.412 lebih besar dari ttabel yaitu 2,048. Koefisien Korelasi (R) sebesar 0,814 hal ini sama dengan 81,4% pengaruh variabel Kecerdasan Intrapersonal terhadap penyesuaian diri. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,662 hal ini berarti 66,2% pengaruh variabel bebas (X) terhadap (Y) sedangkan sisanya sebesar 33,8% diterangkan oleh variabel bebas lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. yaitu Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan matematis logis, Kecerdasan ruang, Kecerdasan musikal, Kecerdasan kinestetik, Kecerdasan interpersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksistensial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : M. Taib Kelian, M. Fil.I / Pembimbing II : Fadli Pelu, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intrapersonal
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:45
Last Modified: 12 Jun 2020 01:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item