Pengembangan Komik Berbasis Canva dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi IPA Cahaya Kelas IV MIN 2 Ambon

Ifan, La (2023) Pengembangan Komik Berbasis Canva dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi IPA Cahaya Kelas IV MIN 2 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi keran adanya penurunan minat dan hasil belajar IPA peserta didik di kelas IV MIN 2 Ambon. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kevalidan dan kelayakan, serta mengukur minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV MIN 2 Ambon dengan menggunakan komik. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D tipe ADDIE, lokasi penelitian di laksanakan di MIN 2 Ambon dengan subjek penelitian peserta didik kelas IVA sebanyak 24 peserta didik yang di pilih berdasarkan sampling purposive, dengan pengukuran minat menggunakan tabel statistik dan tabel pengukuran minat, sedangkan hasil belajar menggunakan uji paired sample T-Test dan N-Gain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan komik sangat valid dan sangat layak di gunakan dalam pembelajaran dengan persentase ahli materi 94,79%, ahli media, 96,87%, ahli bahasa, 89,58%, guru IPA kelas IV 100%, uji coba skala kecil 93%, dan uji coba skala besar 98,12%. Komik di terapkan dalam pembelajaran di peroleh nilai rata-rata minat belajar IPA peserta didik adalah 87,63 kategori nilai sangat tinggi dengan persentase 16,66% dari 4 peserta didik menunjukkan berminat dan persentase 83,33 dari 20 peserta didik menunjukkan sangat berminat. Sedangkan nilai hasil belajar IPA peserta didik pretest dan posttest, nilai rata-rata pretest adalah 50,50 kategori nilai rendah, dan nilai rata-rata posttest adalah 83,58 kategori nilai tinggi. Uji normalitas di peroleh nilai Sig.(2-tailed) 0,200 > 0,05 dengan keputusan data terdistribusi normal dan uji paired sample T-Test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001. nilai sig (2-tailed) < 0,05 atau 0,001 < 0,05 dengan keputusan hipotesis Ho di tolak dan hipotesis Ha di terima. Nilai N-Gain skor sebesar 0,75 dangan tafsiran tinggi dan N-Gain persen sebesar 75% dengan tafsiran cukup efektif. Dapat ditarik kesimpulan komik berbasis canva materi IPA cahaya kelas IV MIN 2 Ambon sangat valid dan sangat layak serta dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA yang cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, M. Pd / Pembimbing II : Dinar Riaddin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Komik IPA
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:25
Last Modified: 24 Nov 2023 03:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item