Upaya Guru PAI pada Konformitas Teman Sebaya di Kelas X SMA Negeri 3 Seram Bagian Timur

Rumadan, Juana Hasna (2023) Upaya Guru PAI pada Konformitas Teman Sebaya di Kelas X SMA Negeri 3 Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk untuk mengetahui konformitas teman sebaya di SMA Negeri 3 Seram Bagian Timur serta untuk mengetahui upaya guru PAI pada konformitas teman sebaya di kelas X SMA Negeri 3 Seram Bagian Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni metode yang menghasilkan data dari orang-orang yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 April sampai 27 Mei 2023 di SMA Negeri 3 Seram Bagian Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dan Snowball sampling, informan penelitian ini sembilan orang yaitu satu guru PAI dan delapan peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas X banyak yang terpengaruh oleh lingkungan teman sebaya sehingga menimbulkan perilaku konform baik dari sisi positif maupun negatif. Dari sisi positif peserta didik melakukan tugas secara berkelompok dengan dalih agar dapat bertukar pikiran, dan hal ini dilakukan baik di sekolah maupun di rumah, serta melaksanakan shalat dan mengaji, shalat yang sering dilakukan adalah shalat wajib seperti magrib, isya’, dan terkadang juga subuh. Sedangkan dari sisi negatif yaitu bolos dengan meninggalkan jam pelajaran baik ketika jam kosong maupun terisi, serta tawuran yang bermula dari masalah individu tapi mereka saling komunikasi dan meminta dukungan hingga terjadi bahkan sampai di luar sekolah. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI yaitu dengan memberikan nasihat kepada peserta didik untuk mengembangkan sisi positif konformitas teman sebaya mengerjakan tugas secara berkelompok karena sebagian peserta didik hanya menyalin dari hasil kerja temannya dan juga untuk penanganan kasus bolos yang dilakukan masih dalam tahap rendah atau sedang. Kemudian, memberikan motivasi yaitu untuk mengembangkan sikap religius peserta didik seperti shalat dan mengaji. Pembentukkan kebiasaan dengan membiasakan peserta didik untuk mempertanggung jawabkan apa yang ditulis dengan tujuan agar ketika belajar tidak menyalin hasil dari teman, serta memberi bimbingan dan penyuluhan kepada peserta didik yang lebih dari tiga kali terlibat dalam kasus bolos dan kepada peserta didik yang melakukan tawuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M. Pd. I / Pembimbing II : Saida Manilet, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:54
Last Modified: 06 Dec 2023 02:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4059

Actions (login required)

View Item View Item