Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Ambon

Gamal, La Hamja (2023) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan aktifitas pembelajaran dan prestasi siswa. Tampa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan yang optimal, serta dapat menyebabkan prestasi yang dimiliki siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Ambon. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah Ambon kelas VIII pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis kuantitatif korelasional yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki (membuktikan) sejauh mana keterkaitan atau keeratan hubungan suatu variabel dengan variabel lain. Populasi siswa kelas VIII sebanyak 115 siswa dengan jumlah 4 kelas yaitu VIII-1, VIII-2, VIII-3 dan VIII-4. Teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan rumus Slovin, jumlah sampel penelitian sebanyak 89 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji t. Berdasarkan hasil analisis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Muhammadiyah Ambon sebesar 4.1%. Karena data yang ditemukan dianalisis menggunakan IBM SPSS 25 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.007 ≤ probabilitas 0.05 dapat diketahui nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas, kemudian nilai thitung sebesar 4.901 ≥ ttabel 1.988 maka nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi siswa. Pada tabel model Summary diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0.202, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.041, untuk mengetahui besar pengaruh dilihat dari nilai koefisien diterminasinya (R Square).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. St. Jumaeda S.S., M.Pd.I / Pembimbing II : Eko Wahyunanto Prihono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam Motivasi Belajar Prestasi Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:21
Last Modified: 06 Dec 2023 03:21
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item