Kemampuan Literasi Membaca Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur

Rahayu, Titik Teguh (2023) Kemampuan Literasi Membaca Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TITIK TEGUH RAHAYU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru SKI dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat guru SKI dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Tipe penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan analisis kualitatif. Lokasi penelitian berada di MTs Negeri 1 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Waktu penelitian dari tanggal 13 Februari 13 Maret 2023. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Peran guru SKI dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur sudah dilakukan diantaranya: a. Peran guru sebagai pendidik, b. Peran guru sebagai pengajar, c. Peran guru sebagai inisiator, d. Peran guru sebagai inspirator, e. Peran guru sebagai motivator, f. Peran guru sebagai fasilitator, g. Peran guru sebagai pengelola kelas, h. Peran guru sebagai mediator, dan i. Peran guru sebagai evaluator. 2. Faktor pendukung dan penghambat guru SKI dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur, diantaranya; a. Faktor Pendukung; 1). Faktor akademik, 2). Faktor lingkungan (lingkungan positif), 3). Faktor infastruktur, b. Faktor penghambat; 1). Faktor dana sebagai penghambat pengembangan perpustakaan; 2). Pelatihan yang ikuti oleh pustawakan jarang dilakukan dari pihak pemerintah dalam hal ini kementerian agama bidang pendidikan berbasis elektronik, 3). Koleksi buku non paket yang masih minim, 4). Kendala dalam pemberian tugas membaca, ada diantara anak itu yang tidak hobi membaca, 4). Referesi buku yang non materi (buku cerita/novel, saintis, antariksa, majalah, otomotif, robotik dan buku lainnya) masih kurang sehingga terkadang peserta didik yang sudah penat dalam membaca.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muh. Faqih Seknun, M.Pd.I / Dr. Yusuf Abdurachman Luhulima, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Membaca, Mata Pelajaran SKI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 06 Dec 2023 23:22
Last Modified: 06 Dec 2023 23:22
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item