Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat di Kelas VII Mts Negeri Ambon

Norsita, Norsita (2023) Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat di Kelas VII Mts Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi shalat di kelas VII MTs Negeri Ambon. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), merupakan penelitian pada upaya pemecahan masalah atau perbaikan yang dirancang menggunakan metode penelitian tindakan (class room action research). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, subjek dalam penelitian ni adalah siswa kelas VII MTs Negeri Ambon yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi shalat di kelas VII MTs Negeri Ambon, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dan rata-rata skor hasil belajar siswa yang diperoleh pada setiap siklus, dimana penelitian ini dikatakan berhasil apabila ketuntasan belajar siswa mencapai 85%. Diketahui pada pratest diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 30% dengan rata-rata skor siswa 65. Pada tes siklus I ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 53% dengan rata-rata skor hasil belajar siswa 73 dan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat pada tes siklus II mencapai 90% dengan rata-rata skor hasil belajar siswa 87. Ketuntasan belajar secara klasikal dari pretest ke siklus I meningkat sebesar 23% dan ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 37%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materii shalat di kelas VII MTs Negeri Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd Rahman, M.Pd.I / Pembimbing II : Nakip Pelu, M.A
Uncontrolled Keywords: Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Dec 2023 23:22
Last Modified: 06 Dec 2023 23:22
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item