Daud, Atika Fitri (2023) Implementasi Visi Misi dalam Proses Pembelajaran pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III ,V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam ialah program studi yang bergerak pada bidang pendidikan dengan profil lulusannya sebagai manajer, konsultan, perencana dan peneliti pendidikan. Visi Prodi MPI ialah sebagai pusat studi pengembangan Manajemen Pendidikan Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman, keilmuan, dan teknologi berbasis multikultural pada 2024 di kawasan Indonesia timur. Adapun poin pertama pada misi program studi ialah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam. Lewat strategi ini maka segala tindakan dan program yang dilakukan haruslah menjadikan visi misi sebagai acuannya, termasuk dalam proses pembelajaran. Akan tetapi realitas yang ditemukan di lapangan, pengimplementasian akan hal tersebut belum sepenuhnya dijalankan. Hal ini tercermin dari sikap yang ditunjukkan dalam perkuliahan, salah satunya ialah pengintegrasian nilai ke-Islaman dalam masalah ketepatan waktu perkuliahan. Untuk itulah penelitian ini dilakukan, yaitu untuk melihat bagaimana implementasi visi misi program studi MPI, faktor pendukung dan penghambat serta dampak dari implementasi visi misi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, berlokasi pada program studi MPI FITK IAIN Ambon, yang dimulai sejak tanggal 12 Desember 2022 sampai 12 Januari 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) implementasi visi misi dalam proses pembelajaran terintegrasi melalui capaian program studi yang diturunkan pada setiap capaian pembelajaran dalam mata kuliah melalui RPS dan silabus perkuliahan. 2) faktor pendukung implementasi visi misi dalam proses pembelajaran antara lain: sumber daya manusia dosen yang sudah bagus, fasilitas yang memadai, media sebagai sarana promosi dan pendukung pembelajaran, semangat belajar mahasiswa. Adapun faktor penghambatnya antara lain: latar belakang mahasiswa yang beragam, pemahaman mahasiswa terhadap visi misi, kedisiplinan dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, serta minimnya ketersediaan sarana oleh mahasiswa. 3) dampak yang timbul dari implementasi visi misi dalam proses pembelajaran adalah pada segi kualitas dan kompetensi lulusan yang nantinya dihasilkan, sebab melalui proses pembelajaran yang merujuk pada visi dan misi, mahasiswa akan terbentuk seperti harapan yang ada pada capaian pembelajaran, serta kompetensi lulusan program studi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi visi misi dalam proses pembelajaran di Prodi MPI telah diupayakan dengan baik, akan tetapi beberapa penghambat yang terjadi masih menjadi sebab dalam mengurangi keefektifan dari perealisasian visi dan misi program studi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Nurhasanah, M.S.I / Pembimbing II : Dinar Riaddin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pendidikan Islam |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 00:33 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 00:33 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4076 |
Actions (login required)
View Item |