pengaruh keterampilan menjelaskan Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon,

Kilwalaga, Hajija (2018) pengaruh keterampilan menjelaskan Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon,. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_58.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_58.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan menjelaskan merupakan faktor yang penting dalam pembelajaran, karena keberhasilan guru menjelaskan ditentukan oleh tingkat pemahaman yang ditentukan anak didik. Sedangkan dalam keterampilan bertanya, penerapannya juga masih kurang dilakukan guru seperti, guru kurang memberikan stimulus atau dorongan kepada siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang guru berikan, kemudian dalam bertanya guru menggunakan kata- kata yang berbelit-belit sehingga siswa menjadi bingung untuk menjawabnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon? 2) Berapa besar pengaruh pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon? Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian kuantitatif yakni tipe penelitian yang memberikan penyajian data secara sistematis menurut data kuantitatif, dimana tipe penelitian ini memberikan gambaran terhadap fenomena, dengan akumulasi data statistik secara sistematis, bertujuan untuk menggambarkan pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan menjelaskan guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon termasuk pengaruh yang sedang atau cukup. Besarnya pengaruh yang diberikan oleh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 40,70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Dr. Ismail DP, M.Pd, Pembimbing II; Corneli Pary, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:04
Last Modified: 23 Jun 2020 06:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item