Umagapa, Rukija (2023) Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Hasyim Asy’Ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Ilmu tajwid adalah ilmu tentang kaidah dan tata cara membaca al-Qur’an dengan sebaik-baiknya dan benar, baik membunyikan huruf yang berdiri sendiri maupun huruf dalam rangkaian. Tujuan mempelajari ilmu tajwid ini adalah untuk memelihara bacaan al-Qur'an dari kesalahan. Adapun permasalahan yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian yaitu 1) Bagaimanakah Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Membaca al-Qur’an Pada Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Hasyim Asy ‘Ari Ambon? 2) Apa Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Di MTs Hasyim Asy ‘Ari Ambon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan dari tanggal 07Januari 2023 sampai 07 Februari 2023. Adapun lokasi penelitian ini yaitu di MTs Hasyim Asy ‘Ari Ambon. Subjek yang di ambil dari penelitian ini adalah 1 kepsek, 2 pengajar, dan 5 peserta didik MTs Hasyim Asy ‘Ari Ambon. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisa pengumpulan data ini peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran ilmu tajwid dalam membaca al-Qur’an pada peserta didik kelas VIII di MTs Hasyim Asy ‘Ari Ambon diterapkan ba’da shalat sunnah Dhuha, di mana peserta didik diharuskan untuk wudhu dan melaksanakan shalat Dhuha terlebih dahulu setelah itu dilanjutkan dengan pembelajaran ilmu tajwid, kemudian pembelajaran ilmu tajwid dilaksanakan di masjid MTs Hasyim Asy ‘Ari Ambon dan peserta didik telah mampu membaca al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid. Adapun faktor pendukung implementasi pembelajaran ilmu tajwid dalam membaca al-Qur’an di MTs Hasyim Asy ‘Ari Ambon di antaranya, suasana masjid yang bersih, nyaman dan luas, media pembelajaran yang memadai, dan cara guru dalam mengajarkan ilmu tajwid. Faktor penghambat implementasi pembelajaran ilmu tajwid dalam membaca al-Qur’an di MTs Hasyim Asy ‘Ari Ambon diantaranya, kurangnya tenaga pengajar, kurangnya alokasi waktu, dan kurangnya kedisiplinan guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Yusuf Abd. Luhulima, M.Ag / Pembimbing II : La Rajab, MA |
Uncontrolled Keywords: | Ilmu Tajwid |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 01:40 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 01:40 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4081 |
Actions (login required)
View Item |