Uji kandungan Boraks pada makanan jajanan bakso daging Sapi yang dijual di lingkungan SD Inpres 26 dan SD Inpres 62 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Lesbassa, Haliva (2018) Uji kandungan Boraks pada makanan jajanan bakso daging Sapi yang dijual di lingkungan SD Inpres 26 dan SD Inpres 62 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_60.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_60.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau pun minuman bagi konsumsi manusia. Termasuk di dalamnya adalah bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan atau pembuatan makanan atau minumam. Boraks adalah senyawa kimia turunan dari logam berat boron (B), Boraks merupakan anti septic dan pembunuh kuman. Boraks adalah senyawa kimia dengan rumus Na2B4O7 10H2O berbentuk Kristal putih, tidak berbau dan stabil pada suhu dan tekanan normal. Meskipun bukan pengawet makanan, boraks sering pula digunakan sebagai pengawet makanan. bahan ini berfungsi pula mengenyal kan makanan. Makanan yang sering di tambahkan boraks diantaranya adalah bakso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan laboratorium untuk menganalisis kandungan boraks pada makanan jajanan bakso daging sapi. yang dijual di lingkungan SD INPRES 26 dan SD INPRES 62 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Sampel bakso daging sapi kemudian diuji di Lab MIPA IAIN Ambon dengan pengulangan sebnayak 3 kali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Easy Test Boraks. Metode eeasy test boraks merupakan cara uji kandungan boraks secara kualitatif pada makanan yang mempunyai prosedur paling sederhana. Alat uji yang digunakan adalah Tes Kit Borax. Test Kit Borax (Boraks) dalam makanan adalah alat uji cepat kualitatif untuk mendeteksi kandungan boraks dalam makanan dalam waktu 1 menit. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat kandungan boraks pada bakso daging sapi yang dijual di lingkungan SD INPRES 26 dan SD INPRES 62 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon sehingga aman untuk dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Surati, M.Pd Pembimbing II; Asyik Nur Allifah AF, M.Si
Uncontrolled Keywords: Uji Kandungan Boraks Bakso Sapi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:04
Last Modified: 23 Jun 2020 06:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item