Salaputa, Abu Bakar (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pada Peserta Didik di SMA Negeri 49 dan SMA Negeri 20 Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I. III. V.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABUBAKAR SALAPUTA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Rumusan masalah yang penulis temukan dalam penulisan tesis ini yaitu: Bagaimana Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 49 dan SMA Negeri 20 Maluku Tengah dan Bagaimana Peran guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 49 dan SMA Negeri 20 Maluku Tengah dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian field research yaitu peneliti langsung datang ke tempat penelitian yang berlokasi di SMA Negeri 49 dan SMA Negeri 20 Maluku Tengah melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil menelitian menunjukkan bahwa karakter yang terlihat pada peserta didik di SMA Negeri 49 dan SMA Negeri 20 Maluku Tengah Karakter Religius, terbentuknya pikiran, perkataan, dan tindakan dari peserta didik terhadap nilai-nilai agama yang mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, Karakter Tanggung Jawab, terbentukanya sikap dan perilaku peserta didik untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang telah diamanahkan, Karakter Toleransi Beragama, sikap menanamkan nilai saling menghormati dan menjunjung tinggi perbedaan antar umat beragama tanpa memandang suku, ras dan agama, Karakter Disiplin, tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan dalam diri peserta didik dan Guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 49 dan 20 Maluku Tengah sudah berperan cukup baik, dimana guru Pendidikan Agama Islam sudah melakukan peranannya seperti guru sebagai pengajar yakni guru Pendidikan Agama Islam telah mengajarkan tentang karakter religius, karakter tanggunga jawab, karakter toleransi beragama dan karakter disiplin. Guru sebagai pembimbing yakni guru Pendidikan Agama Islam telah membimbing peserta didiknya untuk berperilaku sopan-santun, amanah, menerima perbedaan dan disiplin, guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa metode pembentukan karakter seperi metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode qishah.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Prof. Dr. Idrus Sere, M.Pd.I / Dr. Samad Umarella, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Guru, Karakter, Peserta Didik. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 01:37 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 01:37 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4118 |
Actions (login required)
View Item |