Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Peserta Didik di MTs Nurul Huda Limboro Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat

Hamid, Herawati (2023) Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Peserta Didik di MTs Nurul Huda Limboro Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HERWATI HAMID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penulisan Tesis ini yaitu: Bagaimana dampak Positif penggunaan media sosial bagi peserta didik di MTs Nurul Huda Limboro Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian dan Bagaiman dampak negatif penggunaan media sosial bagi peserta didik di MTs Nurul Huda Limboro Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian field research yaitu peneliti langsung datang ke tempat penelitian yang berlokasi di MTs Nurul Huda Limboro Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak positif sosial media diantaranya peserta didik dapat belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisasi dengan baik dan mengelola jaringan pertemanan, serta memudahkan peserta didik dalam kegiatan belajar, karena dapat digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi dengan sesama peserta didik mengenai informasi terkait dengan proses pembelajaran disekolah, Kemudian penggunaan media sosial juga dapat menjaga hubungan silaturahmi antara guru dan orang tua peserta didik dalam proses pembelajaran dan dampak negatif dari media soaial, peserta didik dalam berinterkasi tatap muka cenderung menurun, memberikan rasa candu dalam bermedia sosial, berkurangnya waktu belajar, pesera didik lalai dalam mengerjakan tugas-tugasnya, kuranya disiplin di sekolah sehingga mengurangi waktu belajar. Kemudian dapat mengganggu konsentrasi belajar di sekolah dan membuat peserta didik mudah bosan dengan cara pembelajaran guru sehingga mereka akan mengakses sosial media tanpa berpikir bahwa semua akan berdampak pada turunnya prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. La Jamaa, M.HI / Dr. Muhammad Rahanjamtel, M.Th.I
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Sosial Media, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:52
Last Modified: 12 Dec 2023 01:52
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item