Inovasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Khoiru Ummah Kecamatan Seram Utara Timur Seti

Rochmawati, Triana (2023) Inovasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Khoiru Ummah Kecamatan Seram Utara Timur Seti. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TRIANA ROCHMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penulisan tesis ini berangkat dari permasalahan guru MTs Khoiru Ummah masih ada yang belum menjalankan inovasi kompetensi profesionalisme yang di terapkan oleh Kepala Sekolah terlihat dari guru belum memahami secara keseluruhan inovasi yang sudah di terapkan di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau kualitatif- deskriptif yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian yang berlokasi di MTs Khoiru Ummah Seram Utara Timur Seti dengan menggunakan metode teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil menelitian menunjukkan bahwa Inovasi kepala madrasa dalam Meningkatkan kompetensi profesional guru, kepala madrasah mengadakan pelatihan untuk pemberdayaan kompetensi yang dimiliki guru seperti melibatkan guru pada pelatihan pendidikan guru dan pelatihan pengembangan kurikulum pelatihan, melaksanakan supervisi akademik, membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan di sekolah atau mata pelajaran di madrasah berlandaskan standar isi semetara Inovasi yang dapat Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Khiru Ummah mengikutsertakan guru dalam workshop, mengikuti pelaksanaan seminar sekolah dan supervisi pembinaan untuk membantu guru dan pegawai agar melakukan pekerjaan sesuai bidangnya secara efektif serta terapkan kepada peserta didik. Sementara kendala yang di hadapi yaitu, masih adanya guru yang belum mejalankan inovasi yang dijalankan oleh kepala sekolah dapat dilihat dari masih adanya guru yang belum paham dengan inovasi tersebut seperti minimnya pemehaman tentang teknologi, kurang disiplin, keterseidaan sarana dan prasaran serta keterbatasan aggaran sehingga dengan ini masih banyak monoton di dalam proses pembelajaran yang tentu berdampak kepada terkendalanya visi misi suatu lembaga dan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Muhadjir Abd Rahman, M.Pd.I. / Dr. Husni Suruali, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Kepala Madrasah, Kompetensis Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:20
Last Modified: 12 Dec 2023 02:20
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4122

Actions (login required)

View Item View Item