Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 37 Maluku Tengah

Samallo, Yanti (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 37 Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
YANTI SAMALLO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini terkait bagaimana nilai-nilai moderasi beragama mempengaruhi karakter. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana nilai nilai moderasi beragama dapat membentuk karakter siswa di SMA Negeri 37 Maluku Tengah serta factor pendukung dan penghambat guru dalam menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembentukan karakter. Siswa di SMA Negeri 37 Maluku Tengah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian field research yaitu peneliti langsung datang ke tempat penelitian yang berlokasi di di SMA Negeri 37 Maluku Tengah melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Temuan Penelitian Menunjukan bahwa Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di SMA Negeri 37 Maluku Tengah sangat berpengaruh kepada siswa dalam pembentukan karakter toleransi, cinta damai, dan jujur. Penekanan lebih pada bagaimana cara menerapkan nilai-nilai moderasi untuk membentuk karakter siswa yang di lakukan oleh guru PAI dan guru PAK. Penerapan nilai moderasi beragama dilakukan secara integratif melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di tempat-tempat yang berbeda yang saling terkait antara satu dan lainnya. dengan mengajarkan nilai toleransi, cinta damai, dan jujur maka siswa dapat memberikan kesempatan beribadah kepada agama lain, membangun rasa saling percaya, menjunjung tinggi sikap saling mengasihi, menciptakan suasana nyaman dan harmonis saat belajar, anti kekerasan, mampu berkata jujur, menghargai milik bersama, mengakui kesalahan dan minta maaf, serta menghargai keunggulan orang lain. Faktor pendukun, Guru di SMA Negeri 37 Maluku Tengah, mendapatkan dukungan dari kepala sekolah dalam menerapkan nilai moderasi beragama, organisasi dan kegiatan ektrakurikuler dapat mengembangakan karakter siswa, materi moderasi beragama yang di ajarkan dapat membentuk karakter siswa. Faktor penghambat, tidak adanya sarana dan prasarana penujang dapat menghambat penerapan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abidin Wakano, M.Ag / Dr. Nursaid M.Ag
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Karakter, Siswa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:56
Last Modified: 12 Dec 2023 02:56
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

View Item View Item