Supervisi Akademik Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Maluku Tengah.

Maruapey, Hawa (2023) Supervisi Akademik Pengawas Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
HAWA MARUAPEY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dengan masalah pokok yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan supervise akademik pengawas dalam implementasi kurikulum merdeka dan factor pendukung dan penghambat terhadap implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Maluku Tengah. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada kesempatan ini adalah kualitatif deskriptif, mendeskripsikan, menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, dan pelaksanaan supervise akademik dalam implementasi kurikulum. Subyek penelitian adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, dan peserta didik yang ada di SMK Negeri 1 Maluku Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan supervise akademik pengawas sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK negeri Maluku Tengah di awali dengan: 1) menyusun perencanaan program supervisi akademik yang meliputi persiapan instrumen Program Tahunan, Program Semester dan Rencana Program Pengawasan; 2) melaksanakan program supervisi akademik; 3) mengevaluasi hasil pelaksanaan supervisi akademik, serta; 4) melakukan tindak lanjut dengan mendiskusikan hasil pelaksanaan supervisi akademik kepada kepala sekolah dan guru serta mencari solusi bersama. Selanjutnya pengawas sekolah juga melakukan penilaian kinerja kepala sekolah, melakukan pembinaan, dan pemantauan 8 standar nasional pendidikan, melakukan bimbingan dan pelatihan guru. Factor pendukung meliputi: a). Adanya keterbukaan dan komunikasi yang baik dari pada guru, artinya para guru memang mengharapkan bimbingan dari pengawas sekolah, b). Rasa ingin tahu dan bisa dari para guru untuk mengajar dengan baik dan benar, c). Sarana prasarana yang memadai artinya kelengkapan fasilitas yang baik sehingga dapat mendukung kegiatan supervise dengan baik, d). Kondisi dan lingkungan sekolah yang mendukung baik dari lingkungan sekolah maupun dari peserta didik. Factor penghambat meliputi: a). Tidak semua dari para guru punya sifat terbuka, artinya masih kelihatan beberapaguru yang mungkin malu bertanya, b). Nampak masih ada para guru yang belum mampu mengoperasikan computer dan infokus sebagai media pembelajaran, c). Di samping kelengkapan sarana prasaran yang lengkap, namun masih saja Nampak sarana dan media belajar yang belum memadai dengan kebutuhan pembelajaran seperti: kekurangan buku-buku panduan tentang implementasi kurikulum merdeka, kemudian jumlah infokus yang masih minim bila di bandingkan dengan kebutuhan pemakaian.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ismail DP, M.Pd., / Dr. Ridwan Latuapo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Implementasi, Kurikulum Merdeka.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2023 00:21
Last Modified: 14 Dec 2023 00:21
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4129

Actions (login required)

View Item View Item