Penerapan pembelajaran aktif dan terpadu pada konsep ciri-ciri makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Banda

Pelupessy, Sukmawati (2018) Penerapan pembelajaran aktif dan terpadu pada konsep ciri-ciri makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Banda. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_134.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB I, III, V_134.pdf

Download (4MB)

Abstract

Suatu keberhasilan proses pembelajaran biologi tidak terpisah dari kemampuan guru dalam mengembangkan model pembelajaran. Penggunaan pembelajaran aktif (active learning) dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Disamping itu pembelajaran aktif (active learning) juga dimaksudkan untuk menjaga perhatian peserta didik agar tetap tertuju pada proses pembelajaran. Penggunaan pembelajaran aktif dan terpadu juga untuk menggairahkan dan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dengan bergairahnya belajar, siswa tidak sukar untuk mencapai tujuan program pembelajaran. Karena bukan guru yang memaksakan siswa untuk mempelajari tujuan tetapi siswa dengan sadar untuk mencapai tujuan. Tujuan penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui Penerapan Pembelajaran Aktif Dan Terpadu Pada Konsep Ciri-Ciri Makhluk Hidup Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banda. Tipe penelitian ini yang digunakan adalah tipe penelitian tindakan kelas (classroom action research), yakni penelitian yang digunakan untuk mengujicobakan suatu ide kedalam praktik atau situasi nyata dalam skala mikro, yang diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang pendidikan. Penetilian dilaksanakan dari tanggal 24 juli s/d 24 agustus 2017 bertempat di SMP Negeri 1 Banda Kabupaten Maluku Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran aktif dan terpadu dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda. Hal tersebut ditunjukan dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa pada tes awal menuju ke siklus I sebesar 12% dengan nilai rata-rata 73,33 – 90, sedangkan peningkatan pada hasil tes siklus I menuju ke siklus II dengan persentase 40% dengan nilai rata-rata 90 - 93,66.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Cornelia Pary, M.Pd Pembimbing II; Laila Sahubauwa, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Pembelajaran aktif Terpadu Ciri-ciri makhluk hidup Meningkatkan Hasil belajar Kognitif
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:59
Last Modified: 24 Jun 2020 02:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item