Saputra, Yusri Tri (2023) Upaya Pendidik Pai Memberikan Pembelajaran al-Qur’an Dengan Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca al-Qur’an Peserta didik Kelas VII SMP IT As-Salam Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (278kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (110kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (138kB) |
|
Text
15. Lampiran Skripsi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dalam mempelajari bacaan al-Qur’an terdapat beberapa Metode dalam membaca al-Qur’an salah satunya yaitu Metode Tahsin. Metode Tahsin adalah salah satu metode membaca al-Qur’an yang di mana Metode ini menekankan peserta didik membaca al-Qur’an secara langsung di hadapan pendidik dan akan di perbaiki secara langsung jika terdapat kesalahan-kesalahan dalam membaca al-Qur’an. Adapun yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ialah :1). Bagaimana upaya pendidik PAI dalam memberikan pembelajaran dengan metode Tahsin agar dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik SMP IT AS- SALAM Ambon kelas VII? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat Metode Tahsin dalam meningkatkan kemampuan Membaca al-Qur’an bagi Peserta didik SMP IT AS-SALAM Ambon kelas VII? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan dari tanggal 30 Januari 2023 sampai 28 Februari 2023. Adapun lokasi penelitian ini yaitu di SMP IT As-Salam Ambon. Subjek yang diambil dari penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, dan 5 peserta didik SMP IT As-Salam Ambon. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis pengumpulan data ini peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya pendidik tahsin memberikan pembelajaran al-Qur’an di SMP IT As-Salam Ambon, dalam hal ini penerapan pembelajaran al-Qur’an tidak hanya dilakukan di waktu pagi dengan cara muroja’ah tatapi juga dilakukan di kelas, pendidik juga membuat beberapa langkah-langkah pembelajaran al-Qur’an seperti tes terlebih dahulu dan akan dibagi dua kelompok sesuai dengan hasil tes baca al-Qur’an serta peserta didik diwajibkan berwudhu terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, proses pembelajaran al-Qur’an tidak hanya mengenai membaca al-Qur’an langsung akan tetapi pendidik terlebih dahulu memberikan pembelajaran mengenai cara pengucapan huruf hijaiyah dan hukum-hukum bacaan serta dilanjutkan dengan menghafal al-Qur’an. Adapun faktor pendukung dalam upaya pendidik memberikan pembelajaran al-Qur’an dengan metode tahsin di SMP IT As-Salam Ambon seperti: ruang belajar yang bersih, media pembelajaran yang memadai, dan cara pendidik mengajar al-Qur’an dengan metode tahsin. Adapun Faktor penghambat Upaya pendidik Memberikan pembelajaran al-Qur’an dengan metode Tahsin di SMP IT As-Salam Ambon seperti : penempatan waktu belajar yang kurang tepat dan kurangnya kedisiplinan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Yusuf Abd. Luhulima, M.Ag, / Muklisin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Upaya Pendidik PAI , Metode Tahsin, Pembelajaran al-Qur’an |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 02:25 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 02:25 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4142 |
Actions (login required)
View Item |