Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Paham Radikalisme pada Peserta Didik di SMA Huamual Barat Talaga dan SMA Muhammadiyah Limboro

Lihoko, Harmin (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Paham Radikalisme pada Peserta Didik di SMA Huamual Barat Talaga dan SMA Muhammadiyah Limboro. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penulisan Tesis ini yaitu: Bagaimna peran guru pendidikan agama Islam dalam menangkal paham radikalisme pada peserta didik di SMA Huamual Barat Talaga dan SMA Muhammadiyah Limboro, Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangkal paham radikalisme pada peserta didik di SMA Huamual Barat Talaga dan SMA Muhammadiyah Limboro dan Apa faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam menangkal paham radikalisme pada peserta didik di SMA Huamual Barat Talaga dan SMA Muhammadiyah Limboro Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian field research yaitu peneliti langsung datang ke tempat penelitian yang berlokasi di SMA Huamual Barat Talaga dan SMA Muhammadiyah Limboro melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru di SMA Huamual Barat Talaga dalam menangkal munculnya paham radikalisme ada beberapa metode yang lakukan seperti, membuat program-program sekolah yang bernuansa Islam dengan mengadakan pengajian rutin mingguan, hafalan ayat-ayat pendek, dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan intra maupun eksternal yang bernuansa Islam. di SMA Muhammadiyah Limboro yaitu dengan cara menyelenggarakan program tahfis, program hari-hari besar Islam, program risma, salah satunya ada pengajian peserta didik dan guru dan sholat jum’at berjamaah Upaya dilakukan guru pendidikan agama Islam di SMA Huamual Barat Talaga dan SMA Muhammadiyah Limboro dalam rangka menangkal paham radikal di lingkungan sekolah adalah dengan 3 (tiga) cara, Pertama pengembangan Kurikulum yang dilaksanakan dengan konsep yang terarah dan terukur pada dunia pendidikan, Kedua penguatan pendidikan karakter dengan kegiatan positif dan berbasis pada nilai-nilai agama, Ketiga kegiatan Non-Akademik seperti terlibat dalam kegiatan-kegiantan, serta yang terakhir pesantren kilat dianggap dapat memberikan program-program keagamaan yang sifatnya fundamental terhadap perkembangan pola pikir serta perilaku peserta didik. Faktor Pendukung, dari segi sarana dan prasaran yang disediakan sekolah sudah cukup memadai dalam melaksanakan kegaiatan-kegiatan keagamaan sebagai upaya pencegahan masuknya paham radikalisme dan guru juga terlihat aktif dalam pelaksanaan kegiatan tersebut sehingga peserta didik lebih banyak di libatkan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan. Faktor Penghambat, masih adanya peserta didik yang belum terlibat dalam program-program yang dibuat oleh sekolah serta kurangnya perhatian dan bimbingan orang tua kepada peserta didik untuk tetap menjalankan program dari sekolah dalam membentuk karakter peserta didik agar bisa terhindar dari paham-paham radikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M. Si / Pembimbing II : Dr. Adam Latuconsina, M. Si
Uncontrolled Keywords: Paham Radikalisme Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:35
Last Modified: 14 Dec 2023 03:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item