Midun, La (2023) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Tadarus Al-Qur’an Satu Juz Pada Dusun Warau Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I. III. V.pdf Download (2MB) |
|
Text
LA MIDUN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Rumusan masalah; “(1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi tadarus Al-Qur’an satu juz pada dusun warau kecamatan huamual kabupaten seram bagian barat. (2) Pendukung dan penghambat tradisi tadarus Al-Qur’an satu juz pada Dusun Warau kecamatan huamual kabupaten seram bagian barat: Tujuan penelitian; (1)Untuk mendeskripsikan tradisi tadarus Al-Qur’an satu juz pada Dusun Warau kecamatan huamual kabupaten seram bagian barat terhadap tradisi tadarus satu juz yang dilakukan dan melaksanakan seluruh nilai-nilai pendidikan Islam dan makna yang terdapat dalam tradisi tadarus Al-Qur’an satu juz di Dusun Warau kecamatan huamual kabupaten seram bagian barat, (2) Untuk mengetahui pendukung dan penghambat serta yang dihadapi oleh staf-staf tokoh agama pada Dusun Warau dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Dusun Warau serta mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi tadarus Al-Qur’an satu juz ketika berada di Dusun Warau kecamatan huamual kabupaten seram bagian barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dilakukan secara bertahap hingga peneliti mendapatkan hasil yang sesuai dengan perlakuan atau hasil. Jadi, peneliti akan bertindak aktif selama proses penelitian. Penelitian kualitatif deskriptif terbagi atas beberapa bagian yaitu (1) perencanaan, (2) persiapan, (3) pelaksanaan, dan (4) analisis data, Setelah melakukan perencaaan, peneliti kemudian melakukan pra tindakan dengan mengumpulkan data, data tersebut peneliti peroleh dari beberapa informan yaitu di Dusun Warau, kepala Dusun Warau, tokoh agama Dusun Warau, serta masyarakat Dusun Warau dalam penelitian ini. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi tadarus Al-Qur’an satu juz ialah memiliki 5 aspek, yaitu; (1) Kerja sama, yang berkaitan dengan tradisi tadarus Al-Qur’an satu juz dikerjakan secara bersama-sama membentuk kelompok, dan terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok orang yang membaca dan kelompok orang yang memperhatikan sambil memperbaiki kesalahan. (2) Kebersamaan, yang berkaitan dengan membaca Al-Qur’an secara bersamaan, berkelompok dan bergantian antara satu sampai dengan yang lainnya. (3) Sabar, yang berkaitan dengan tidak terburu-buru agar tetap menjaga ketartila dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar menurut tajwid didalam Al-Qur’an. (4) Kedamaian, yang berkaitan dengan ketenangan, ketentraman, kebahagiaan, taat, patut dan tunduk karena merubah pola pikir, berbicara. (5) Kedisiplinan, yang berkaitan dengan melatih kita dalam berdisiplin dan menaati aturan dalam Islam, dan disiplin dengan perintah-perintah orang tua. Faktor pendukung yaitu; (1) Dari juz 1 sampai ke juz 30, yang berkaitan dengan tadarus Al-Qur’an semalam dikerjakan satu juz, penetapan sesuai dengan persetujuan forum majelis Dusun Warau, dan mempercepat 30 juz dalam hitungan harinya. (2) Pelaksanaan setelah selesai shalat isya, yang berkaitan dengan proses pelaksanaan dikerjakan setelah selesai shalat isya sampai pada jam 12: malam yang dilaksanakan di Masjid. (3) Meningkatkan iman dengan kebaikan, berkaitan dengan kewajiban atas umat Islam untuk beriman kepada Allah Swt tertarik dengan membaca Al-Qur’an, dan faktor penghambat dalam tradisi tadarus Al-Qur’an 1 juz yaitu; (1) Kurangnya Masyarakat Dusun Warau terkait membaca 1 juz, berkaitan dengan minimnya para pembaca Al-Qur’an pada Dusun Warau, (2) Sedikit dalam membaca Al-Qur’an satu juz, berkaitan dengan sedikit dalam membaca Al-Qur’an satu juz.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Ummu Sa'idah, M.Pd.I / Muslim, S.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Tadarus Al-Qur’an. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 00:23 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 00:23 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4154 |
Actions (login required)
View Item |