Rumbaru, Asri (2023) Analisis Mekanisme Jual Beli Bawang Merah Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Pasar Mardika Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I. III. V.pdf Download (3MB) |
|
Text
ASRI RUMBARU.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui Mekanisme Jual Beli Bawang Merah di Pasar Mardika Kota Ambon, (2) Mengetahui Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Mekanisme Jual Beli Bawang Merah di Pasar Mardika Kota Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, Untuk memperoleh data yang lengkap dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah 10 orang Informan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Mekanisme Jual Beli Bawang Merah yang dilakukan oleh pedagang di Pasar Mardika Kota Ambon, secara umum disimpulkan bahwa cara penjual menetapkan ukuran/takaran yaitu dengan cara menimbang dan menakarnya sesuai permintaan konsumen dan menjualnya secara langsung dan menjualnya lewat online (marketplace. (2) Pandangan Ekonomi Islam terhadap Mekanisme Jual Beli Bawang Merah di Pasar Mardika Kota Ambon, dapat disimpukan bahwa perilaku pedagang di Pasar Mardika Kota Ambon dalam menjalankan bisnis atau berdagang belum mengedepankan konsep-konsep Etika Bisnis Islam yang berdasarkan pada Sifat-sifat Nabi dalam berbisnis, yang meliputi: Sifat Sidiq, dari 5 informan penjual bawang merah 3 pedagang telah menerapkan sifat tersebut dan 2 pedagang lainya tidak menerapkan sifat tersebut. Sifat Amanah yang diwujudkan para pedagang melalui saling menepati janji, 3 pedagang menepati janji, sedangkan 2 pedagang lainya kadang-kadang tidak menepati janji. Sifat Amanah yang diwujudkan pedagang melalui tanggungjawab terhadap kualitas barang agar tidak mendapat komplain terhadap kualitas Bawang Merah yang dijual. 3 pedagang tidak mendapat komplain, sedangkan 2 lainya mendapat komplain. Sifat Tablig yang diwujudkan pedagang melalui menyampaikan keungulan dari kualitas bawang yang dijual sehingga membuat para pembeli tertarik dan juga mempomisikan dagangannya melalui Online (Marketplace), serta bersikap Ramah, Sopan, Baik dan Sabar kepada semua pembeli.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Darwis Amin, SE., M.Si. / Rosita Tehuayo., S.HI. M.A |
Uncontrolled Keywords: | Mekanisme, Jual Beli, Ekonomi Islam, Pasar Mardika |
Subjects: | Ekonomi Syariah IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 00:42 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 00:42 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4156 |
Actions (login required)
View Item |