Wailissa, Rahayu (2023) Peran Guru Penggerak Tersertifikasi Terhadap Mutu Pendidikan di SMA Negeri 37 Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I. III. V.pdf Download (4MB) |
|
Text
RAHAYU WAILISSA.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan di SMA Negeri 37 Maluku Tengah,serta untuk mengetahui Pengaruh Guru Penggerak Tersertifikat terhaadap Mutu Pendidikan di SMA Negeri 37 Maluku Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan Peran Guru Penggerak Tersertifikat dengan menggunakan deskripsi sebagai hasil interpretasi datanya . Penelitian berlokasi di SMA Negeri 37 Maluku Tengah Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah. Hal ini dilaksanakan karena SMA Negeri 37 Maluku Tengah memiliki Guru Penggerak yang telah tersertifikat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuat deskripsi atau gambaran tentang peran guru penggerak terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 37 Maluku Tengah. Hasil penelitian ini meliputi peran guru penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 37 Maluku Tengah, memiliki perubahan yang luar biasa. Guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran yang mendukung tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Pengalaman mengajar yang sudah dimiliki para guru penggerak mengalami perubahan,sudah mampu mendesain perangkat ajar sesuai dengan minat,bakat dan gaya belajar anak.Selain itu proses pembelajaran dalam kelas sudah sesuai dengan kebutuhan siswa. Adapun guru penggerak juga yang memegang peran kepemimpinan sebagai kepala sekolah,administrator sekolah atau pengawas pendidikan.Pengalaman mengajar ini dapat membantu guru penggerak memahami perspektif guru,siswa dan stap sekolah yang memungkinkan mereka untuk menyediakan dukungan dan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan mereka,Guru penggerak juga dapat mengembangkan kurikulum,metode pengajaran yang efektif,dan memfasilitasi pelatihan dan pengembangan professional.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Siti Jumaeda, M.Pd.I. / Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Penggerak, Tersertifikasi, Mutu Pendidikan. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 01:21 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 01:21 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4159 |
Actions (login required)
View Item |