Uji kandungan Eschericia coli pada makanan jajanan bakso daging sapi yang dijual di lingkungan SD Inpres 26 dan SD Inpres 62 Negeri Batu Merah kecamatan Sirimau Kota Ambon

Pawae, Sumarni (2017) Uji kandungan Eschericia coli pada makanan jajanan bakso daging sapi yang dijual di lingkungan SD Inpres 26 dan SD Inpres 62 Negeri Batu Merah kecamatan Sirimau Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_56.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_56.pdf

Download (2MB)

Abstract

Escherichia coli merupakan bakteri Gram negatif berbentuk batang pendek yang memiliki panjang sekitar 2 µm, diameter 0,7 µm, lebar 0,4-0,7µm dan bersifat anaerob fakultatif. E. coli membentuk koloni yang bundar, cembung, dan halus dengan tepi yang nyata. Eschericia coli atau sering disebut dengan nama E. coli adalah sejenis bakteri yang umum ditemukan di dalam usus manusia yang sehat. Bakteri E. coli sendiri terdapat beberapa jenis dan kebanyakan dari jenis ini tidak berbahaya. Meski demikian, sebagian diantaranya bisa menyebabkan keracunan makanan dan infeksi yang cukup serius. Bakteri E. coli sendiri sering digunakan dalam pengujian mutu makanan pada laboratorium, karena E. coli sangat mudah diidentifikasi. Bakteri E.coli bisa saja tertular pada bakso daging sapi dikarenakan perilaku penjamah makanan yang tidak bersih dan tidak sehat ketika mengolah bakso daging sapi tersebut. Contohnya tidak mencuci tangan dengan bersih ketika selesai menggunakan kamar kecil dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan laboratorium untuk menganalisis kandungan E. coli pada makanan jajanan bakso daging sapi pada Lingkungan SD Inpres 26 Dan SD Inpres 62 Negeri Kota Ambon Kecamatan Sirimau. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode perhitungan dengan metode hitung SPC, yaitu menghitung banyaknya jumlah koloni pada cawan petri (metode perhitungan secara tidak langsung yang didasarkan pada anggapan bahwa setiap sel yang dapat hidup akan berkembang menjadi satu koloni yang merupakan suatu indeks bagi jumlah organisme yang dapat hidup yang terdapat pada sampel. Uji kandungan bakteri E. coli pada makanan jajanan bakso daging sapi yang dijual di lingkungan SD Inpres 26 dan SD inpres 62 kecamatan Sirimau Kota Ambon dilakukan dengan mengamati pertumbuhan bakteri E. coli pada media yang telah di tanamkan sampel bakso daging sapi dari kedua lokasi tersebut dengan dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali dan yang telah melewati masa inkubasi selama 2x24 jam. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat bakteri E. coli dari kedua sampel bakso daging sapi tersebut. Sehingga bakso daging sapi yang dijual di kedua lokasi tersebut aman untuk dikonsumsi terutama untuk siswa-siswi di kedua lokasi sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Rosmawati T., M.Si Pembimbing II; Dr. Muhammad Rijal M.Pd
Uncontrolled Keywords: Uji Kandungan Eschericia coli Bakso sapi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:09
Last Modified: 24 Jun 2020 03:09
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item