Analisis Inovasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan pada SMA Negeri 33 dan SMA Negeri 58 Maluku Tengah

-, Sumardin (2023) Analisis Inovasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan pada SMA Negeri 33 dan SMA Negeri 58 Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (11MB)
[img] Text
SUMARDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Terkait masalah disiplin dan efektivitas guru dan tenaga kependidikan lainnya, kreativitas kepala sekolah sangat penting untuk membawa perubahan di lembaganya. Ada beberapa permasalahan yang muncul ketika guru diberikan program inovasi untuk meningkatkan kinerja, antara lain guru dan tenaga kependidikan baik laki-laki maupun perempuan kurang semangat berangkat kerja dan kurang semangat menjalankan tugasnya. Guru dan tenaga kependidikan lainnya sering duduk di kantor selama jam pelajaran dan sering meninggalkan buku di kelas, yang merupakan sikap sehari-hari yang mencerminkan kurangnya inovasi. Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui inovasi dan variabel yang mempengaruhi inovasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 33 dan SMA Negeri 58 Maluku Tengah.. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 14 orang yaitu 2 orang kepala sekolah, 3 orang guru, 1 orang tenaga kependidikan dan masing-masing sekolah sejumlah 2 orang siswa. Metode pengumpulan data berbasis observasi, dokumentasi, dan wawancara. Temuan menunjukkan bahwa, pertama, pendekatan kreatifitas kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru meliputi (1) promosi bagi guru yang disiplin dan bertanggung jawab atas tugasnya, khususnya melalui pengangkatan wali kelas dan wakil kepala sekolah, dan (2) sikap kepala sekolah yang disiplin ditampilkan dalam rangka memotivasi guru. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru meliputi (1) gaji, (2) hubungan dengan bawahan, (3) status (PNS/Honorer), (4) hubungan dengan teman sebaya, (5) kehidupan pribadi. Ketiga, kendala yang terlihat dari fasilitas sekolah yang kurang memadai untuk guru, antara lain (1) alat peraga saat ujian praktik kurang lengkap (2) kurangnya partisipasi sebagian guru untuk menjalankan program yang dilakukan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Adam Latuconsina, M.Si / Dr. Anasufi Banawi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inovasi Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Tenaga Kependidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:32
Last Modified: 15 Dec 2023 01:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4161

Actions (login required)

View Item View Item