HUSAIN, SITI HAJA (2023) Pola Pengasuhan Pondok Pesantren dalam Membentuk Akhlak Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren AL-Anshor Kota Ambon dan Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Dusun Oli Kabupaten Maluku Tengah). Tesis thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I , III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL THESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
pengasuhan dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Anshor Kota Ambon dan Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Dusun Oli Kabupaten Maluku Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek pada penelitian ini terdiri dari 2 (dua pemimpin pondok pesantren), 4 (empat) orang pengasuh, 8 (delapan) orang santri, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan beberapa tahap analisis yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pola pengasuhan di Pondok Pesantren Al-Anshor Kota Ambon Dan Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Dusun Oli Kabupaten Maluku Tengah, yaitu sebagai berikut: 1). Pada Pondok Pesantren Al-Anshor Kota Ambon lebih menerapkan pola pengasuhan yang otoriter dibandingkan pola asuh yang bersifat demokratis dan juga permisif. 2). Pola pengasuhan di Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah, yaitu menerapkan pola asuh yang bersifat otoriter dan juga sedikit penerapan pola asuh yang bersifat demokratis kepada para santrinya
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Prof Dr. Idrus Sere M.Pd. / Pembimbing II : Dr.Hj Rustina N., M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pola Pengasuhan Pondok Pesantren Akhlak Santri |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 05:45 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 05:45 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4201 |
Actions (login required)
View Item |