Rumakabis, Rukiah (2022) Korelasi Penerapan Model Discovery Learning dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak pada Manusia di Kelas VIII SMP Al-Hilaal Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Perubahan paradigma dalam pendidikan, lebih menekankan pada student centered daripada teacher centered, dimana siswa dituntut mengeluarkan kreatifitas dan keaktifan dalam menemukan pemahaman. Hal ini juga menuntut guru untuk berketrampilan dalam menerapkan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Discovery learning adalah model mengajar yang mengatur pengajaran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan tetapi sebagian atau ditemukan sendiri. Dengan kata lain, model discovery learning merupakan model pembelajaran yang penyampaian materi tidak disajikan langsung oleh guru, tetapi siswa dituntut aktif dalam menemukan materi pembelajaran. Pembelajaran biologi yaitu pembelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Karena itu, siswa perlu dibantu untuk mengembangkan sejumlah keterampilan proses supaya mereka mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penerapan model discovery learning dengan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia di kelas VIII SMP Al-Hilaal Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian terdiri atas angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis koefisien korelasi product moment pearson dengan memanfaatkan software SPSS v.22. Berdasarkan hasil analisis yang telah dianalisis, diperoleh hasil (1) berdasarkan nilai Sig. (2-tailed): 0.048 < 0.05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara model discovery learning dengan hasil belajar. (2) berdasarkan nilai rhitung (pearson correlations): rhitung 0.472 > rtabel (0.4438). Sehingga disimpulkan ada korelasi antara model discovery learning dengan hasil belajar. Karena rhitung dalam analisis bernilai positif (+) maka itu artinya hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Surati, M.Pd / Pembimbing II : Sarmawaty Kotala, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Gerak pada Manusia |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 05:59 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 05:59 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4202 |
Actions (login required)
View Item |