Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ambon

Timur, Helmawati (2023) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

1. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang di alami oleh pada peserta didik pada membaca permulaan 2. Untuk mengetahui kesulitan membaca peserta didik di mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasayah Ibtidaiyah Negeri 1 Ambon 3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar membaca permulaan pada peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasaah Ibtidaiyah Negeri 1 Ambon. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada tanggal 22 Agustus 2022 sampai pada tanggal 22 September 2022. Subjek penelitian ada 1 guru dan 6 peserta didik. Instrumen dalam penelitian adalah observasi dan wawancara. Analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pesera Didik Kelas di Pada Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ambon. Kesulitan membaca permulaan peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ambon. Berdasarkan data yang di peroleh peneliti bahwa terdapat 6 dari 35 peserta didik memiliki hasil yang buruk dalam satu atau lebih dalam bidang membaca. Para peserta didik ini berjuang untuk mulai membaca aspek-aspek yang ada antara peserta didik dengan peserta didik yang lain. Dalam mengenal huruf, membaca kata, kelancaran membaca nyaring dan pemahaman membaca, dan menyimak atau pemahaman mendengar yang berdampak pada beberapa faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan membaca permulaan di mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasaah Ibtidaiyah Negeri 1 Ambon. Faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam membaca permulaan yaitu peserta didik malas belajar, peserta didik susah berkonsentrasi saat belajar, dan kurangnya perhatian orang tua dalam mengajarkan membaca pada anak. Untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas 2 MIN 1 Ambon guru mewajibkan peserta didik agar membawa buku bacaan dan kemudian melakukan les baca. Adapun metode yang diterapkan dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas 2 MIN yaitu dengan menggunakan metode mengeja, mengenalkan bunyi, mengenal kata dan mengenalkan suku kata dengan bantuan buku bacaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhammad Rahanjamtel, S. Ag., M. Th. I. / Pembimbing II : Wa Mirna, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca Bahasa Indonesia
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:47
Last Modified: 12 Jan 2024 02:47
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4216

Actions (login required)

View Item View Item