Analisis kandungan logam berat Cadmium (Cd) pada air sungai arbes dan potensi tumbuhan Kayu Apu (Pistia stratiotes L.)

Yana, Wa (2016) Analisis kandungan logam berat Cadmium (Cd) pada air sungai arbes dan potensi tumbuhan Kayu Apu (Pistia stratiotes L.). Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_101.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, III, V_101.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tumbuhan Kayu apu (Pistia stratiotes L.) merupakan tumbuhan yang secara teoritis dan menyerap air dan logam yang terdapat di dalamnya sehingga dapat digunakan sebagai Bioakumulator dalam penyerpan logam khusunya Cadmium (Cd). Bioakumulator mekanisme secara simultan terjadi sejalan dengan konsumsi ion-ion logam berat atau kemampuan penyerapan pada makhluk hidup. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan eksperimen laboratorium yang bertujuan Untuk Mengetahui Jumlah Kandungan Logam Berat Cadmium (Cd) Pada Air Sungai Arbes, dan untuk menganalisis kemampuan Pistia stratiotes L dalam mengakumulasi logam berat Cadmium (Cd) Objek dalam penelitian ini adalah kandungan logam berat Cadmium (Cd) dan kemampuan tumbuhan Kayu apu (Pistia stratiotes L.) dalam mengakumulasi logam berat Cadmium (Cd) serta pertumbuhan Kayu apu (Pistia stratiotes L.) yang terpapar oleh air dari sungai Arbes. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan yaitu mulai 27 Februari sampai dengan taggal 28 Maret 2016. Parameter yang di analisis dalam penelitian ini meliputi: tinggi, panjan akar, bobot dan penyerapan logam berat Cadmium (Cd). Sampel air yang mengandung kadar logam berat Cadmium (Cd) di analisis dengan menggunakan metode SSA. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menentukan persen % penrunan logam berat Cadmium (Cd). Hasil analisis menunjukkan bahwa tumbuhan Kayu apu ( Pistia stratiotes L.) mampu menyerap logam berat Cadmium (Cd) dengan rerata yang terakumulasi sebesar 0,06784 ppm dengan nilai rerata konsentrasi penurunan kadar logam berat Cadmium (Cd) sebesar 58,48419 % dari konsentrasi 0,116 ppm. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tumbuhan Kayu apu mampu beradaptasi untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang terpapar logam berat dan memiliki daya untuk menyerap logam. Hal ini dapat dilihat dari rerata rasio bertambahnya ukuran pertumbuhan Kayu apu (Pistia stratiotes L.) setelah 1 bulan penelitian, yaitu: tinggi tumbuhan 0,835 cm, panjang akar 5,981 cm, dan bobot 15,918 g.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Surati, M.Pd Pembimbing II; Dr. Muhammad Rijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis Kandungan logam berat Cadmium (Cd) pada air sungai arbes dan potensi tumbuhan Kayu Apu (Pistia stratiotes L.)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Abdullah Usemahu
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:08
Last Modified: 25 Jun 2020 06:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item