Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SD Negeri 3 Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat

Octavia, Novita Harfianti (2023) Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SD Negeri 3 Hualoy Kecamatan Amalatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Secara umum Madrasah yang berada di bawah naungan kemenag dan diknas mempunyai tujuan yang sama dalam mewujudkan tujuan pendidikan namun hasil pendidikan yang dicapai berbeda dalam hal membaca al-Qur’an. Siswa yang tamat dari MI lebih baik bacaan al-Qur’an dari siswa yang tamat dari SD. Siswa di SD Negeri 3 Hualoy keseluruhan menganut agama Islam namun siswa di sekolah tersebut sebagian besar mengalami kesulitan membaca al-Qur’an, tentu kemampuan siswa di SD tersebut tidak terlepas dari inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada lembaga pendidikan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian fenomenologi, penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Hualoy pada tanggal 15 Februari hingga 15 Maret 2023, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi di lokasi, peneliti mewawancarai responden dan mengambil dokumentasi berupa foto. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa belajar membaca al-Qur’an di SD Negeri 3 Hualoy adalah : (1) guru PAI memilih metode pembelajaran secara tepat agar siswa tidak jenuh dan bosan saat proses pembelajaran berlangsung, salah satu metode yang digunakan guru PAI adalah metode Iqro’, (2) guru PAI menggunakan media yang bervariasi, agar suasana belajar lebih menyenangkan, (3) guru pendidikan agama Islam mengulangi materi pada pertemuan sebelumnya, (4) guru PAI juga mengadakan program kokurikuler yang berfungsi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Faktor pendukung inovasi guru PAI mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV dalam membaca al-Qur’an di SD Negeri 3 Hualoy diantaranya yaitu: (1) guru PAI melibatkan tempat-tempat pengajian yang ada di Hualoy, (2) sarana dan prasarana yang telah menunjang seperti musholah, iqro’/al-Qur’an, tempat wudhu. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat inovasi guru PAI mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IV dalam membaca al-Qur’an di SD Negeri 3 Hualoy yaitu (1) kurangnya dukungan dan motivasi dari orang tua disebabkan karena banyak orang tua yang bekerja diluar atau bahkan ada sebagian siswa juga yang tinggal bersama neneknya saja dirumah, (2) minimnya jam pembelajaran agama Islam yang membuat guru PAI kesulitan untuk mengatur waktu proses pembelajaran al-Qur’an, (3) menurunnya minat siswa dalam membaca al-Qur’an yang disebabkan karena siswa lebih banyak bermain, main game, naik cengkeh.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Yusuf Abd.Rahman Luhulima.,M.Ag / Pembimbing II : Dr Husni Suruali M.Ag
Uncontrolled Keywords: Inovasi Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur'an
Al-Qur'an

Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:35
Last Modified: 05 Feb 2024 02:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item