Bimbingan Konseling pada Peserta Didik Korban Bullying di MTs Nurul Ikhlas Kota Ambon

Timur, Sunia (2023) Bimbingan Konseling pada Peserta Didik Korban Bullying di MTs Nurul Ikhlas Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bullying merupakan perilaku agresif yang sangat berbahaya, guru bimbingan dan konseling dituntut agar dapat memberi perhatian serta mengambil peran penting dalam mengatasi serta melakukan penanganan yang mendalam terhadap korban bullying. Olehnya itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus menjelaskan bagaimana kondisi psikologi korban bullying dan bagaiman konseling pada korban bullying di MTs Nurul Ikhlas Kota Ambon. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs Nurul Ikhlas Kota Ambon dan subjek penelitinya adalah kelas VII. Berdasarkan temuan dilapangan dan dianalisis bahwa; (a.) kondisi psikologi korban bullying di MTs Nurul Ikhlas adalah rendahnya kepercayaan diri, gelisah depresi kelelahan, sulit berkonsentrasi, murung, menyalahkan diri sendiri dan gampang marah (b) bimbingan konseling dijalankan oleh guru kelas adalah Memanggil pelaku dan korban secara bergantian (konseling individual) bagi korban diberikan pemahaman bahwa semua teman itu tidak sama karakter, perilaku, watak dan pola asuhnya sehingga ada beberapa teman yang suka melakukan bullying dan melatih korban dalam kemandirian bersikap dengan mental yang kuat. Bagi Pelaku diberikan pemahaman etika yang baik terhadap teman-temanya agar tidak ada yang merasa tersakiti. Setelah itu pelaku dan korban dipertemukan diberikan layanan mediasi untuk saling bermaafan. Memberikan Layanan Bimbingan Klasikal dan Layanan Informasi tentang materi yang berkenaan dengan tema cara berteman dengan baik. Diberikan surat perjanjian yang ditanda tangani oleh orang tua yang bersangkutan. Memantau kebiasaan siswa di dalam kelas. Bekerjasama dengan orang tua siswa agar mampu memberikan pola asuh yang baik terhadap anaknya agar tidak melakukan bullying disekolah dan tidak menyakiti temannya disekolah. Adapun kekurangan dalam penelitian ini adalah tidak adanya guru bimbingan konseling sehingga bimbingan dilaksanakan oleh guru wali kelas dan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : M. Arief Budiyanto. M. FiI. I / Pembimbing II : M. K. Ramdhany Pelupe ssy, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Konseling, Bullying
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Berdasarkan Subyek > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:54
Last Modified: 05 Mar 2024 01:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item