Efektivitas Metode Diskusi Pembelajaran PAI dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Al-Hilal Tual

Rumles, Nadira Najam (2023) Efektivitas Metode Diskusi Pembelajaran PAI dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Al-Hilal Tual. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Guru sangat berperan penting dalam proses pembelajaran karena yang menentukan tercapainya tujuan pembelajaran Oleh karena, itu guru PAI SMP Al-Hilal Kota Tual menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran dengan tujuan untuk memotivasi peserta didik supaya termotivasi untuk semangat belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas metode diskusi pembelajaran PAI di SMP Al-Hilal Kota Tual dan Apa faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan metode diskusi pembelajaran PAI di SMP Al-Hilal Kota Tual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 10 September 2023 di SMP Al-Hilal Kota Tual. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik, peserta didik cepat memahami, cepat menguasai mata pembelajarannya. Tetapi tidak semua materi cocok menggunakan metode diskusi. Adapun gejala peserta didik supaya mempunyai motivasi untuk belajar yaitu perhatian, relevansi, percaya diri dan kepuasan. Keempat motivasi tersebut sangatlah penting dipraktikkan untuk terus dijaga sehingga motivasi peserta didik terpelihara selama proses belajar dan pembelajaran berlangsung. Faktor penghambat dalam pelaksanaan metode diskusi adalah karakter dari para peserta didik itu sendiri. Hal tersebut berarti lebih kepada penguasaan guru dalam kelas. Faktor penghambat selanjutnya adalah kurangnya dukungan orang tua dalam memberikan dorongan agar anaknya semangat belajar di rumah. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan metode diskusi pada proses pembelajaran PAI yaitu minat belajar peserta didik. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan metode diskusi yang lain adalah adanya aturan dalam diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M. Pd. I / Pembimbing II : La Adu, M.A
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:48
Last Modified: 05 Mar 2024 02:48
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item View Item