Penerapan Model Pembelajaran Pair Chek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik Kelas IV MIS Al-Hilal Olas Kabupaten Seram Bagian Barat Kecamatan Huamual

Sutia, Wa Ode (2023) Penerapan Model Pembelajaran Pair Chek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Kerja Sama Peserta Didik Kelas IV MIS Al-Hilal Olas Kabupaten Seram Bagian Barat Kecamatan Huamual. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran Pair Chek merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan cara berpasangan dan saling memeriksa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa dengan menerapkan model pembelajaran Pair Checks. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sampel dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV MIs Al-Hilal Olas dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil Belajar Siswa meningkat dari siklus I ke siklus II hal ini dibuktikan dengan rata-rata yang di peroleh siswa pada siklus I sebesar 69,5 meningkat pada siklus II sebesar 82,25 dengan persentasi ketuntasan sebesar 95. Sedangkan kemampuan kerja sama pada siklus I diperoleh persentase kemampuan menghargai pendapat dan pekerjaan teman mencapai 56% kategori cukup, kemampuan Saling membantu sesama anggota kelompok dan mau menjelaskan kepada anggota kelompok yang belum jelas mencapai 53,5% kategori cukup, kemampuan berada dalam kelompok kerja saat kegiatan berlangsung mencapai 53,5% kategori cukup, kemampuan Tanggung jawab secara bersama-sama menyelesaikan pekerjaan mencapai 51,5% berada pada kategori cukup dan kemampuan tanggung jawab secara bersama-sama menyelesaikan pekerjaan mencapai 53,5% berada pada kategori cukup tinggi. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase kemampuan menghargai pendapat dan pekerjaan teman mencapai 75% berada pada kategori tinggi, kemampuan saling membantu sesama anggota kelompok dan mau menjelaskan kepada anggota kelompok yang belum jelas mencapai 76% kategori tinggi, kemampuan kemampuan berada dalam kelompok kerja saat kegiatan berlangsung mencapai 75% kategori tinggi, kemampuan Tanggung jawab secara bersama-sama menyelesaikan pekerjaan mencapai 72,5 berada pada kategori tinggi dan kemampuan Tanggung jawab secara bersama-sama menyelesaikan pekerjaan mencapai 77,5% berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kerja sama siswa dari siklus I ke Siklus II dimana pada Siklus II semua siswa berada diatas KKM yang ditentukan yakni 60.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : La Adu, M. A. / Pembibin II : Eman Wahyudi Kasim, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pair Checks, Kerja Sama Siswa
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:34
Last Modified: 14 Mar 2024 02:34
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item