Peran Guru Fiqih dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Ambon

Difinubun, Alan A. (2021) Peran Guru Fiqih dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru fiqih yang profesional sangat diperlukan sebagai pemenuhan sumber daya manusia yang baik memiliki kompetensi yang mendukung tugas dan fungsinya dalam menjalankan proses pendidikan, disamping membina karakter peserta didik ada faktor pendukung lainnya yang dapat membina karakter sopan santun peserta didik, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru fiqih dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik di MTs Negeri Ambon, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru fiqih dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik di MTs Negeri Ambon? Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala Madrasah, 1 orang wakil kepala sekolah bidang akademik, 2 orang guru fiqih, dan 3 orang peserta didik, sehingga berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru fiqih dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik di MTs Negeri Ambon, ternyata mempunyai peranan yang sangat penting dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik, karena tugas dan fungsi dari guru fiqih dilaksanakan dengan baik dan benar sehingga perannya juga dapat mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang dilakukan oleh peserta didik tersebut, diantaranya peran guru fiqih sebagai pembimbing yaitu membimbing peserta didik agar memiliki karakter sopan santun yang baik, peran guru fiqih sebagai penasehat yaitu guru menasehati peserta didik menjadi karakter sopan santun yang jujur, dan juga sebagai model yaitu guru sebagai teladan kepada peserta didiknya. Kemudian faktor-faktor penunjang peran guru fiqih dalam menanamkan karakter sopan santun peserta didik di MTs Negeri Ambon, yaitu aturan, fasilitas yang memadai dan pengawasan yang baik dari seluruh elemen yang ada sehingga pelaksanaan peran guru fiqih terlaksana dengan baik. Sedangkan faktor-faktor penghambat yaitu guru-guru fiqih sering merasa kesulitan dalam menanamkan para peserta didik yang mengalami permasalahan karena latar belakang peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Nursaid, M. Ag. / Pembimbing II : Saidah Manilet, M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 22 Apr 2024 17:19
Last Modified: 22 Apr 2024 17:19
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item View Item