Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Moderasi Beragama di Sekolah

Bugis, Jamaluddin (2023) Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Moderasi Beragama di Sekolah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman beragama ekstrim dan radikal yang mulai masuk ke dunia pendidikan mendapat tantangan tersendiri bagi semua pihak untuk menangkalnya. Hal ini dalam rangka untuk menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia di masa depan. Olehnya itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah yakni; (1) Bagaimana urgensi Pendidikan Agama Islam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama di sekolah?; (2) Bagaimana nilai-nilai moderasi beragama menangkal bahaya pemikiran ekstrimisme dan radikalisme di sekolah?.Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sejumlah sumber literatur yang digunakan demi menjawab rumusan masalah tersebut adalah sumber primer berupa Buku Saku Moderasi Beragama yang diterbitkan Balitbang Kementerian Agama Republik Indonesia dan buku Moderasi Beragama yang ditulis oleh Lukman Hakim Saifuddin. Selain itu, sumber sekunder diambil dari laporan dan jurnal ilmiah terkait moderasi beragama. Berdasarkan studi literatur ditemukan bahwa; (1) Dalam rangka Pendidikan Agama Islam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam muatannya perlu memperhatikan konsep tawasstuth (moderat), tawazun (berkeseimbangan), tasamuh (toleran), i’tidal (lurus dan tegas), dan musawah (egaliter); (2) Demi menangkal pemikiran ekstrimisme dan radikalisme di sekolah melalui nilai-nilai moderasi beragama maka perlu memperhatikan empat indikator yakni komitmen kebangsaan, akomodasi budaya, anti kekerasan, dan toleransi. Selain itu, dalam implementasinya sangat membutuhkan peran guru Pendidikan Agama Islam yang berperilaku toleran, empati, memiliki skema religius positif, dan kerendahan hati intelektual (intellectual humility). Meskipun hasil penelitian ini sangat berdampak bagi pengembangan konsep moderasi beragama yang terimplementasikan ke dalam proses Pendidikan Agama Islam di sekolah, namun temuan ini merekomendasikan bagi peneliti selanjutnya adalah melakukannya dalam penelitian lapangan (field research).

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ridhwan Latuapo, M. Pd. I / Pembimbing II : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam Moderasi Beragama Radikalisme
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 23 Apr 2024 16:51
Last Modified: 23 Apr 2024 16:51
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4296

Actions (login required)

View Item View Item