Fatsey, Rahma (2023) Efektifitas Pengunaan Aplikasi Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran di MA Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Media pembelajaran berbasis teknologi memudahkan proses pembelajaran dari segi efektivitas dan efisiensi. Media pembelajaran berbasis teknologi paling populer dipakai antara lain grup whatsapp, google suite for education, ruangguru, zenius, dan zoom. Selain media, terdapat juga platform media sosial seperti facebook dan instagram serta media berbasis game seperti quizizz, kahoot, socratives, dan lainnya. Quizizz adalah alat pendidikan berbasis permainan yang membuat kegiatan kelas lebih menarik dan interaktif. Quazizz dapat digunakan sebagai media pembelajaran maupun sebagai alat evaluasi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) efektifitas penggunaan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Al-Qura’an Hadits di MA Negeri Ambon ditinjau dari respon peserta didik dan prestasi siswa, dan 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan aplikasi Quizizz dalam mata pelajaran Al-Qura’an Hadits di MA Negeri Ambon. Jenis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-4 dan guru Al-Qur’an hadits, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah efektifitas Quizizz dalam pembelajaran Al-Qur’an hadits. Teknik analisis data terdiri dari 4 teknik yaitu penyajian, reduksi, dan juga penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Quizizz yang digunakan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI IPA-4 efektif baik digunakan sebagai media pembelajaran maupun alat evaluasi, dan 2) Faktor pendukung Quizizz antara lain: tersedianya fasilitas berupa LCD, proyektor, pengeras suara, kabel penghubung listrik, kuota bantuan untuk siswa dari kemendikbud, wifi dan pelatihan sebelum menerapkan Quizizz. Sedangkan faktor penghambat Quizizz antra lain: terdapat beberapa siswa kurang menguasai Quizizz, tidak memiliki handphone pintar, tidak memiliki paket data, jaringan internet yang lemot, rasa bosan dan kurang termotivasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Ummu Sa’idah, M. Pd. I / Pembimbing II : Mokhsin Kaliki, M. Pd .I |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Quizizz |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 05 May 2024 17:09 |
Last Modified: | 05 May 2024 17:09 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4306 |
Actions (login required)
View Item |