Upaya Guru Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Ambon

Kalean, Cinong Maulana (2023) Upaya Guru Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang penulis lakukan, pada peserta didik kelas VII MTs Negeri Ambon, bahwa pada dasarnya mereka telah dapat membaca Al-Qur’an, namun makhrijul huruf dan ilmu tajwidnya masih kurang baik. Tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 11 September sampai tanggal 11 Oktober 2023 di MTs Negeri Ambon. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru Al-Qur’an dan Al-Hadits, 2 orang peserta didik laki-laki dan 2 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Skripsi menunjukkan bahwa upaya guru Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII MTs Negeri Ambon, yakni: 1. Upaya guru Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII MTs Negeri Ambon di antaranya: a. Bimbingan yang dilakukan guru Al-Qur’an dan Al-Hadits kepada peserta didik yang bacaannya masih kurang bagus atau keliru tentang makhrijul huruf. b. Cara yang variatif berupa metode ceramah, metode Qir’at, metode drill (latihan) c. Guru merupakan sumber belajar di MTs Negeri Ambon, karena pengetahuan seorang guru adalah patokan dalam usaha memahamkan para peserta didiknya. Terdapat sumber belajar berupa buku yang terdapat di MTs Negeri Ambon, baik berupa buku pedoman ilmu tajwid yang dapat dipakai demi pemahaman peserta didik. 2. Terdapat faktor pendukung dan penghambat. a. Faktor pendukung di antaranya: 1) Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, 2) Peran aktif dari guru dan teman peserta didik dan 3) Fasilitas yang memadai. b. Faktor penghambat di antaranya: 1) Kurangnya kedisiplinan peserta didik, 2) Kurangnya alokasi waktu belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : La Adu, M. A / Pembimbing II : Syamsuar Hamka, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an dan Al-Hadits
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:25
Last Modified: 03 Jun 2024 02:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item