Idris, Indah Junianti (2024) Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Wali Murid Memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Wali Murid Memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh dari ke empat elemen marketing mix yakni product, price, place dan promotion terhadap keputusan wali murid memilih Memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi. Metode penelitian yang diguanakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian yaitu wali murid Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 265 orang. Sampel penelitian merupakan wali murid kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert, dan dokumentasi. Instrumen penelitian melalui pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa: (1) Analisis regresi diperoleh nilai RSquer sebesar 0,361 atau sama dengan 36,1%, yang berarti bahwa marketing mix yakni product, price, place dan promotion memiliki pengaruh yang simultan terhadap keputusan wali murid memilih Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Nurul Falah Masohi sebesar 36,1%. sedangkan 63,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. (2) Secara persial elemen product berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, namun tidak signifikan, dengan nilai thitung 1995 > ttabel 1,688 dan Sig. 0,054. (3) Secara persial elemen price tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 0,923 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,362. (4) Secara persial elemen place tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 0,889 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,380. (5) Secara persial elemen promotion tidak berpengaruh positif terhadap keputusan wali murid memilih madrasah, dengan nilai thitung 1,455 < ttabel 1,688 dan Sig. 0,154. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Marketing Mix yang terdiri dari product, price, place, dan promotion yang hanya mampu memperngaruhi keputusan wali murid memilih madrasah adalah variabel product.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Elfridawati M. Dhuhani, M. Pd/ Pembimbing II : Tria Ina Utari, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, Keputusan Wali Murid |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:11 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:11 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4364 |
Actions (login required)
View Item |