Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Melalui Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon

Fatsey, Sawia (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar Melalui Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sebagai pendidik, pembimbing, dan perancang pembelajaran, seorang guru harus memiliki kemampuan merencanakan kegiatan belajar-mengajar dengan efektif dan efisien. Namun, tidak dapat diabaikan bahwa berbagai masalah sering muncul saat pembelajaran daring, seperti kurangnya pengawasan langsung oleh orang tua dan guru dalam pembelajaran, rendahnya nilai kejujuran siswa, adanya bantuan yang diberikan oleh guru tanpa penjelasan materi, sehingga siswa mengeluhkan kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu, kurangnya motivasi belajar juga menjadi faktor penyebab menurunnya semangat belajar siswa saat pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan efektifitas belajar melalui pembelajaran daring pada siswa kelas VII SMP Muhamadiyah Ambon serta faktor pendukung dan pemnghambat dalam meningkatkan efektifitas belajar melalui pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan historis yang dilaksanakan pada tanggal 25 September hingga 25 Oktober 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Muhammadiyah Ambon. Teknik analisis data terdiri dari 4 teknik yaitu penyajian, reduksi, dan juga penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) peran guru dalam meningkatkan keaktifan belajar PAI siswa yang mengikuti pembelajaran daring diantaranya memberikan penugasan setelah pembelajaran selesai, memberikan motivasi dan dorongan berupa ucapan serta hadiah, memberikan point tersendiri untuk siswa yang aktif dalam pembelajaran, serta menentukan media pembelajaran yang irit biaya dan mudah dioperasikan, dan 2) Untuk mendukung proses pembelajaran daring, beberapa hal yang kita lakukan adalah: 1) mengontrol aliran listrik selalu aktif saat proses pembelajaran, 2) menyediakan Wi-Fi di ruang guru, 3) menyediakan komputer diruang guru, 4) memfasilitasi siswa dengan paket data internet, dan 5) memberikan simulasi terkait pembelajaran daring. Sedangkan faktor penghambat, diantaranya: 1) guru dan siswa yang belum menguasai aplikasi pada laptop dan handphone; 2) pemadaman listrik bergilir oleh pihak PLN; 3) siswa tidak memiliki handphone, 4) siswa sulit akses internet, 5) kurangnya pengawasan dari orang tua, dan 5) kuota internet terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Prof. Dr. Idrus Sere, M. Pd. I / Pembimbing II : Andi Rahmat Abidin. M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Jun 2024 11:55
Last Modified: 24 Jun 2024 11:55
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4368

Actions (login required)

View Item View Item