Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan I Budaya Positif pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas Viii di SMP Negeri 7 Tual dan SMP Negeri 11 Tual

Yamlean, Sumirah (2024) Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan I Budaya Positif pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas Viii di SMP Negeri 7 Tual dan SMP Negeri 11 Tual. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan karakter akan menciptakan manusia memiliki ciri khas pribadi sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan dalam sistem pendidikan disekolah. Perubahan karakter peserta didik dalam Pendidikan Agama Islam harus merujuk kepada 3 nilai utama dalam Islam yakni akhlak, adab dan keteladanan. Pada pembelajaran PAI di SMP, pelaksanaan pendidikan karakter dengan dibentuknya peserta didik yang memiliki akhlak mulia (manusia berkarakter). Budaya positif merupakan implementasi nilai-nilai atau keyakinan universal yang diterapkan di sekolah. Budaya positif memiliki urgensi dalam pembentukan karakter anak, Guru penggerak mempunyai peran dan tanggung jawab menerapkan dan melakukan pembiasaan budaya positif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui peran guru penggerak untuk meningkatkan karakter peserta didik dalam penerapan budaya positif pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 7 Tual dan SMP Negeri 11 Tual dan 2). Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat penerapan materi budaya positif terhadap peningkatan karakter peserta didik pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMP Negeri 7 Tual dan SMP Negeri 11 Tual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif- kualitatif, Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru penggerak dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Peran guru penggerak sebagai penggerak perubahan dalam bentuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, kolaborasi dengan rekan guru dalam pembiasaan, aksi nyata dan panen hasil pembelajaran, membuka ruang diskusi dan melibatkan peserta didik dalam pembelajaran serta menggunakan media pembelajaran yang variatif. Sedangkan peran guru penggerak sebagai tauladan dalam bentuk mendorong peningkatan prestasi, memberikan semangat, menginspirasi, menghargai keberagaman, penggerak komunitas, dan Faktor penghambat yakni kepedulian dan tingkat pemahaman orang tua masih rendah, kehadiran peserta didik belum maksimal, semangat belajar peserta didik masih rendah, komitmen dari semua warga sekolah yang masih rendah, kurangnya disiplin dan pemahaman yang belum utuh dari peserta didik terhadap budaya positif.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. St. Jumaeda, M. Pd. I / Pembimbing II : Dr. Abidin Wakano, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Guru Penggerak, Budi Pekerti, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:07
Last Modified: 01 Jul 2024 03:07
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4385

Actions (login required)

View Item View Item