Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Pengenalan Huruf pada Anak Usia Dini di RA Al-Hikmah Desa Batu Merah Ambon

Umarama, Risnawati (2024) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Pengenalan Huruf pada Anak Usia Dini di RA Al-Hikmah Desa Batu Merah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan pengenalan bunyi dan lambang huruf alfabet pada anak usia dini di RA Al-Hikmah Desa Batu Merah Ambon dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan pengenalan bunyi dan lambang huruf alfabet pada anak usia dini di RA Al-Hikmah desa Batu Merah Ambon. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena di lapangan yang berhubungan dengan rumusan masalah yang telah dipaparkan. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan mulai terhitung dari tanggal 26 oktober 2023 sampai dengan 26 november 2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas A, dengan teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga bentuk yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ada tiga yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Upaya guru dalam mengatasi kesulitan pengenalan bunyi dan lambang huruf alfabet pada anak usia dini di RA Al-Hikmah Desa Batu Merah Ambon sudah cukup baik yaitu dengan guru bertindak sebagai 1) pendidik, yaitu dengan membentuk karakter anak agar dapat menumbuhkan sikap positifnya dalam belajar terlebih lagi dalam belajar mengenal huruf alfabet. 2) sebagai pembimbing, dengan memberikan bentuk-bentuk huruf alfabet, memberikan buku bacaan dan menuliskan huruf di papan tulis. 3) sebagai pelatih, dengan mengggunakan metode bernyanyi. Dan guru mengenalkan lambang huruf alfabet dengan menggunakan media gambar serta guru menyebutkan bunyi dan lambang huruf alfabet pada peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung dalam upaya guru mengatasi kesulitan pengenalan bunyi dan lambang huruf alfabet di RA Al-Hikmah Batu Merah Ambon adalah kreatifitas guru, pandai menggunakan peralatan kelas (sarana dan prasarana), serta tersedianya media gambar dan buku bacaan. Dan faktor penghambatnya adalah intelektual pada peserta didik itu sendiri dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : La Rajab, M. A. / Pembimbing II : Andi Rahmat Abidin, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Huruf, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:00
Last Modified: 26 Jul 2024 06:00
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4434

Actions (login required)

View Item View Item