Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Pemahaman Bacaan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas XI MIA MATQ Al-Anshor Ambon

Jafar, Iin (2020) Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Pemahaman Bacaan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas XI MIA MATQ Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang penulis lakukan, pada peserta didik kelas XI MIA MATQ al-Anshor, bahwa pada dasarnya mereka telah dapat membaca al- Qur‟an, namun makhorijul huruf dan ilmu tajwidnya masih kurang baik. Tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 9 Juli sampai tanggal 9 Agustus 2019 di MATQ al-Anshor Ambon. Subjek penelitian adalah 2 orang guru al-Qur‟an Hadits dan 3 orang peserta didik perem- puan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Skrpsi menunjukkan bahwa upaya guru al-Qur‟an hadits dalam meningkatkan pemahaman bacaan al-qur‟an peserta didik kelas XI MIA MATQ Al-Anshor Ambon, yakni; 1. Upaya guru al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan pemahaman bacaan al-Qur‟an peserta didik kelas XI MIA MATQ al-Anshor Ambon diantaranya: a. Pemahaman peserta didik MATQ Al-Anshor Ambon sudah berlangsung dengan baik dengan adanya pembiasaan tadarus sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar. Pembiasaan ini akan melatih peserta didik untuk terampil membaca al-Qur‟an sesuai ilmu tajwid. b. Guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode drill (latihan) dan metode diskusi. c. Guru adalah sumber belajar di MATQ al-Anshor Ambon, karena pengetahuan seorang guru adalah patokan dalam usaha memahamkan para peserta didiknya. Terdapat sumber belajar berupa buku yang terdapat di MATQ al-Anshor Ambon, baik berupa buku yang diberikan madrasah kepada peserta didik dan guru, maupun buku-buku yang terdapat di perpustakaan madrasah yang dapat dipinjam demi pemahaman peserta didik. 2. Terdapat faktor pendukung dan penghambat. a. Faktor pendukung diantaranya: 1) Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, 2) Peran aktif dari guru dan teman peserta didik dan 3) Fasilitas yang memadai. b. Faktor penghambat diantaranya: 1) Kurangnya kedisiplinan peserta didik, 2) Kurangnya alokasi waktu belajar dan 3) Kurangnya kesadaran orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Husni Suruali, M. Ag / Pembimbing II : La Rajab, MA
Uncontrolled Keywords: Upaya Meningkatkan Pemahaman Bacaan Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an
Al-Qur'an

Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 20 Jul 2020 01:30
Last Modified: 20 Jul 2020 01:30
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item