Implementasi Full Day School Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas VIII Putri SMP Islam Terpadu As-Salam Ambon

Basir, Sri Yani (2020) Implementasi Full Day School Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas VIII Putri SMP Islam Terpadu As-Salam Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi pembelajaran PAI dalam sistem full day school pada peserta didik kelas VIII Putri SMP Islam Terpadu As-Salam Ambon. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 9 September sampai dengan 9 Oktober 2019 dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di SMP IT As-Salam Ambon. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru PAI dan 3 orang peserta didik kelas VIII. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display) dan kesimpulan data (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan sistem pembelajaran full day school merupakan kebijakan pihak Yayasan yang disesuaikan dengan kurikulum nasional yang berlaku di SMP IT As-Salam Ambon Ambon yang dimulai pada pukul 06.45-15.30 WIB. Kebijakan ini tentu memiliki konsekuensi yang harus diterima oleh semua komponen di sekolah, diantaranya semua guru diwajibkan datang ke sekolah setiap hari untuk melakukan pemantauan terhadap kegiatan peserta didik di sekolah selama sehari penuh, meskipun guru tersebut tidak mendapatkan beban mengajar pada hari itu. Faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem pembelajaran full day school di SMP IT As-Salam Ambon Ambon, meliputi: a. Faktor pendukung penerapan sistem pembelajaran full day school di SMP IT As-Salam Ambon Ambon meliputi kualitas guru yang baik karena setiap bulannya para guru diikutkan pelatihan, dukungan orang tua peserta didik yang sangat tinggi karena kebanyakan dari mereka pekerjaannya adalah petani dan nelayan sehingga full day school sangatlah membantu mereka dalam mengawasi anak-anak mereka, kesadaran peserta didik dalam mengikuti program pendidikan yang sangat antusias karena diselingi dengan permainan sehingga mereka tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, lingkungan belajar yang kondusif dikarenakan sekolah tersebut berada di lingkungan sekolah, metode pembelajaran yang bervariasi dan suasana kekeluargaan dalam proses belajar mengajar. b. Faktor penghambat meliputi kesiapan peserta didik beradaptasi dengan sistem pembelajaran membutuhkan waktu yang cukup karena latar belakang pendidikan yang berbeda, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kejenuhan peserta didik saat pelajaran berlangsung dan keterbatasan dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ridhwan Latuapo, M. Pd. I / Pembimbing II : Saida Manilet, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Full Day School
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:40
Last Modified: 24 Aug 2020 05:40
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item